Usaha Sampingan Karyawan yang Menjanjikan

Usaha Sampingan Karyawan yang Menjanjikan – Mendapat pekerjaan mungkin merupakan tujuan bagi setiap orang yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan. Tidak perlu muluk-muluk, dimulai dari menjadi karyawan pun sudah cukup. Mengingat ada banyak pelamar dan penyandang gelar di luar sana yang ingin sekali mendapat pekerjaan. Maka, menjadi karyawan tampaknya sudah cukup sebagai awal.

Namun, benarkah demikian? Jika Anda sudah berkeluarga, ada kalanya gaji sebagai karyawan tidaklah cukup. Maka, tidak heran kalau banyak pekerja yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan. Usaha sampingan karyawan ini bisa dimulai dari bermacam-macam hal.

43+ Contoh Usaha Sampingan Modal Kecil yang Sangat Menjanjikan

7 Usaha Sampingan Karyawan untuk Menambah Penghasilan

Jika Anda termasuk sebagai karyawan yang merasa penghasilan sebagai karyawan tidaklah cukup untuk masa depan, maka alternatif berikut bisa menjadi andalan untuk dijadikan usaha sampingan.

1. Pulsa dan aksesoris HP

Berkembangnya jaman menjadi zaman serba digital, banyak sekali orang yang menyisihkan penghasilannya khusus untuk pulsa saja. Mengingat kebutuhan akan pulsa yang akan terus berkembang ini, Anda bisa memanfaatkan peluang dengan membuka usaha berupa penjualan pulsa. Pulsa HP sebagai awalnya, lalu Anda bisa mengembangkannya ke aksesoris HP, dan pulsa lain seperti pulsa listrik.

Mulailah dengan menjualnya kepada orang-orang terdekat. Misalnya kepada teman sekantor. Masalah pembayaran pun akan lebih mudah untuk ditangani jika pembelinya merupakan orang yang Anda kenal.

Tapi ingat, jika ingin usaha sampingan untuk karyawan ini berkembang, Anda harus bisa membedakan kebutuhan Anda sendiri dengan barang jualan. Jangan sampai pulsa yang harusnya dijual Anda pakai untuk kebutuhan sendiri.

2. Usaha di bidang kuliner

Inovasi di bidang kuliner selalu membuat banyak orang tertarik. Maka, tidak ada salahnya mengucurkan modal untuk berjualan dan membuka usaha sampingan karyawan dalam bidang ini. Dimulai dari menjualnya kepada kenalan, tetangga, dan orang-orang yang lewat.

Meski tidak bisa membuka jasa pemesanan online, Anda bisa memulainya dengan mengiklankannya di media sosial. Cara promosi ini bisa dikatakan efektif dan bisa menjadi daya tarik tersendiri, karena bisa langsung mencapai banyak orang.

3. Menjual barang secara online

Online shop tidak harus besar dan beragam. Ada banyak online shop yang tidak biasa, namun menjual barang-barang yang dibutuhkan untuk keseharian, misalnya alat tulis. Jika ingin pasar yang lebih luas, ada juga usaha sampingan karyawan berupa online shop yang menjual pakaian-pakaian.

Pakaian bayi, anak, dewasa, hingga remaja, semuanya bisa Anda cakup dalam satu toko. Hanya saja, Anda harus mendapat supplier yang tepat dan tidak memasang harga terlalu tinggi untuk barang yang dijual.

4. Membuka jasa les privat

Persaingan di dunia kerja membuat pendidikan pun semakin tinggi standarnya. Paling tidak, sekarang ini lulusan SMA adalah syarat minimal untuk menjadi karyawan di sebuah tempat usaha. Untuk perusahaan, minimal pendidikan D3 dan S-1 adalah yang paling diutamakan.

Untuk itu, banyak orangtua yang sudah mempersiapkan anaknya semenjak dini. Tidak hanya disekolahkan di sekolah yang baik, tapi juga diberi kesempatan untuk belajar bersama guru les sendiri.

Usaha sampingan karyawan berupa jasa les privat ini cukup menjanjikan. Apalagi kalau Anda memiliki kenalan atau kerabat guru di kota yang sama. Banyak orangtua meminta guru sekolah anaknya untuk memberi les tambahan. Hanya saja, banyak juga sekolah yang melarang hal tersebut, sehingga para guru puon mau memberikan keuntungan menjadi guru privat kepada orang lain.

Jika mendapat kesempatan seperti ini, Anda pun tidak boleh menyia-nyiakannya. Mulailah dari mengajar anak SD. Atau jika Anda hanya memiliki kenalan guru SMP dan SMA, maka pahamilah dan dalami lagi pelajaran di kedua jenjang pendidikan tersebut.

5. Menjadi internet marketers

Internet marketers terdengar asing bagi Anda yang tidak mengenal teknik-teknik marketing. Internet marketers bertugas memasarkan usaha, barang, dan atau jasa melalui internet. Anda bisa melakukannya melalui media sosial. Ini berbeda dengan memiliki toko online, Anda harus bisa menjamin kalau marketing yang anda lakukan bisa menarik lebih banyak pelanggan daripada sebelum marketing dilakukan.

Usaha sampingan karyawan ini tidak memerlukan banyak ruang atau modal. Cukup keahlian dan pengetahuan mengenai internet dan marketing. Tidak lupa, mempraktekannya dengan cara mempromosikan diri sendiri sebagai internet marketers agar calon klien mempercayai dan mulai berdatangan pada Anda.

6. Membuka jasa laundry

Memulai jasa laundry tidak perlu dengan membeli mesin cuci sebanyak-banyaknya. Cukup dengan modal seadanya, meski hanya dengan satu mesin cuci, Anda bisa membuka usaha laundry. Hanya saja, Anda harus memiliki pengetahuan untuk jenis pakaian, kain, dan perlakuan yang harus diberikan.

Usaha sampingan untuk karyawan yang satu ini bisa Anda lakukan dengan bantuan tenaga satu atau dua orang. hasilnya pun lumayan. Jika sudah mendapat keuntungan, maka Anda bisa menambahkan modal dengan membeli mesin cuci lagi.

Untuk melakukan usaha sampingan karyawan ini, Anda pun harus memperhatikan modal lain berupa listriuk, jenis pewangi dan deterjen yang digunakan. Apakah sesuai dengan konsumsi di sekitar Anda? Lalu jika Anda memulai usaha ini sendiri, maka terimalah pekerjaan sesuai kemampuan.

Misalkan Anda bekerja hingga malam, maka memiliki satu karyawan untuk usaha laundry bukan hal yang memberatkan. Jangan mengecewakan pelanggan dengan mengambil pesanan laundry terlalu banyak namun tidak bisa menyelesaikannya tepat waktu.

7. Membuka jasa pencucian mobil dan motor

Sekali mencuci motor, berapa yang biasa Anda bayarkan? Tidak sampai 10ribu rupiah bukan? Untuk mobil, karena ukuran yang lebih besar, maka jasa pencucian memang akan memasang harga yang lebih mahal, namun tetap tidak lebih dari 50ribu atau bahkan lebih rendah dari 30ribu rupiah, untuk pencucian regular.

Jika begitu, Anda yang terbiasa memiliki motor dan mobil bisa memanfaatkan kebiasaan mencuci motor dan mobil ini sebagai peluang usaha sampingan untuk Anda karyawan yang mencari penghasilan tambahan.

Sebagai modal awal, yang Anda perlukan adalah lahan untuk parkir dan pencucian. Masalah pembersih dan alatnya bisa memakai yang banyak digunakan di pasaran. Harganya tidak mahal dan keuntungan yang didapat cukup lumayan. Jika tidak memiliki lahan yang memadai, Anda bisa melakukannya secara online atau panggilan.

Karena banyak juga pemilik kendaraan yang malas atau tidak mau pergi ke tempat pencucian mobil dan motor, maka Anda pun bisa memanfaatkan kesempatan dengan membuka usaha sampingan karyawan sebagai penyedia jasa cuci motor/mobil panggilan.

Sayangnya untuk jasa pencucian ini tidak bisa Anda lakukan sendiri. Jika memang ingin melakukannya sendiri, Anda hanya akan bisa melakukannya setiap hari libur. Dan itu akan mempengaruhi kinerja hari kerja berikutnya. Maka, solusinya adalah membayar satu-dua orang karyawan yang jujur, rajin, dan berkemampuan.

 

Itulah ketujuh usaha sampingan karyawan yang bisa Anda lakukan. Masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan keuntungan yang berbeda, namun jangan jadikan itu sebagai batu penghalang untuk menambah penghasilan demi masa depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *