Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif

Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif – Untuk memulai suatu usaha memang tidaklah mudah. Anda bukan hanya membutuhkan modal berupa materi saja, melainkan juga membutuhkan ide bisnis kreatif agar usaha yang dilakukan bisa menghasilkan keuntungan.

Tentu Anda tidak ingin usaha yang akan dibangun justru mendatangkan kerugian. Peristiwa tersebut sangat dihindari oleh para pengusaha. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar menemukan ide bisnis. Jika ingin mengetahuinya, maka Anda dapat menyimak ulasan berikut ini mengenai tips menemukan ide-ide kreatif untuk berbisnis.

Tips-tips di bawah ini dapat diterapkan sebelum Anda memulai sebuah usaha.

5 Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif » AsriTadda.com

Beberapa Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif Sebelum Memulai usaha

  1. Kenali lingkungan sekitar Anda

Pasti Anda tinggal di dalam sebuah lingkungan entah itu dalam perumahan, perkotaan maupun pedesaan. Setiap tempat akan memiliki masalah yang berbeda-beda. Dari masalah yang sedang dihadapi masyarakat, Anda harus memanfaatkan kesempatan tersebut  sebagai ide bisnis kreatif yang hendak dijalani.

Contoh, Anda berada di lingkungan perumahan yang padat penduduk dan mereka sibuk bekerja di kantor. Sehingga mereka tidak sempat atau pun memiliki waktu untuk memasak. Namun, disitu belum ada warga yang berjualan nasi rames.

Dengan begitu Anda dapat membuka warung nasi rames di lingkungan tersebut. Pasti tetangga dan warga akan membeli. Karena mereka yang memiliki banyak kesibukan cenderung menghendaki hal yang praktis. Awalnya Anda menawarkan ke tetangga dekat, kemudian tentu akan menyebar dari satu mulut ke mulut yang lainnya.

 

  1. Mencari inspirasi dari kesuksesan seseorang

Amatilah usaha yang sudah maju atau pun dapat dikatakan telah sukses. Sehingga, nanti Anda akan tahu kelebihan dari usaha tersebut. Suatu bisnis yang telah sukses pasti memiliki kelebihan yang bisa diambil oleh Anda yang akan memulai berbisnis. Dari situlah Anda akan menemukan ide-ide kreatif untuk berbisnis yang hampir mirip, namun perlu adanya inovasi terbaru dari Anda. Mudah untuk dilakukan bukan?

Akan tetapi, hal tersulit dalam berbisnis adalah tahapan memulai sebuah usaha hingga membawanya pada sebuah kesuksesan atau pun keberhasilan. Sangat perlu konsistensi agar suatu bisnis bisa mencapai tahap puncaknya.

 

  1. Lihat trend masa kini

Trend merupakan hal fenomenal yang sedang hangat dan menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Anda harus melihat trend yang ada di lingkungan sekitar Anda. Melalui trend tersebut dapat menjadi inspirasi untuk memperoleh ide bisnis kreatif. Jika mengikuti trend yang berkembang, maka Anda bisa mendapatkan banyak konsumen dalam waktu singkat.

Meskipun mengikuti trend, buatlah bisnis yang dilakukan agak berbeda dengan yang sudah ada. Hal ini akan membuat usaha Anda mendapat tempat di hati para pelanggan. Jika bisnis dibuat sama dengan yang sudah ada, maka akan kesulitan menarik sejumlah calon pelanggan.

 

  1. Coba lakukan penelitian terhadap produk di pasaran

Penelitian perlu dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang akan ditawarkan bisa diterima di pasar atau tidak. Hal ini penting dilakukan bagi Anda yang menjual produk yang belum pernah ada di pasaran, bahkan merupakan suatu hal yang wajib hukumnya untuk dilakukan. Sehingga dapat mengetahui apakah akan laku atau tidak. Penelitian bisa dilakukan melalui searching di internet, berkunjung ke pasar, pergi mall maupun pusat keramaian.

Selanjutnya lakukanlah pencarian terhadap produk yang masih satu ide dengan produk yang akan Anda jual di market. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan bagaimana tanggapan calon konsumen terhadap produk yang akan dikeluarkan.

 

  1. Cari inspirasi dari diri sendiri

Ide bisnis kreatif juga bisa ditemukan dari diri Anda sendiri. Dengan mengenali diri, permasalahan dan kekurangan, Anda bisa menjadikan semua itu sebagai sebuah usaha yang hendak Anda jalankan. Misalkan saja, Anda gemar memasak makanan tradisional daerah Anda. Kuliner tersebut sangat khas, unik dan menarik.

Dengan demikian, Anda bisa membuka usaha di bidang kuliner. Ditambah lagi, masih jarang yang menggeluti kuliner tradisional. Pasti produk yang dibuat bisa laris di pasaran. Pemasarannya juga sebaiknya secara online, sehingga pelanggan dapat dengan mudah memesan makanan tersebut.

 

  1. Cari ide dari masalah yang dihadapi orang lain

Selanjutnya, tidak jauh dari diri Anda pasti ada orang-orang di sekitar seperti anggota keluarga, teman, tetangga yang memiliki masalah. Dari keluhan-keluhan mereka bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah ide bisnis kreatif yang dapat menyelesaikan masalah mereka.

Misalnya saja begini, Anda memiliki tetangga yang sangat sibuk, seluruh anggota keluarganya bekerja dari pagi hingga malam. Namun, mereka tidak ingin memiliki pembantu rumah tangga dan tidak sempat untuk beres-beres rumah. Sehingga mereka memerlukan jasa untuk membersihkan rumah. Dengan demikian Anda bisa membuka usaha jasa bersih-bersih rumah keliling.

Tetangga Anda atau bahkan orang yang agak jauh dengan rumah Anda akan ikut menggunakan jasa tersebut. Apalagi diimbangi dengan pemesanan jasa secara online, tentu akan menemukan banyak pelanggan. Jasa seperti ini akan membantu orang di masa kini yang tidak mau ribet dan ingin sesuatu yang instan.

 

  1. Cobalah berpikir out of the box

Ide bisnis  kreatif justru dapat muncul ketika Anda berpikir secara normal atau berpikir dengan cara sewajarnya atau lumrah. Anda sebaiknya berpikir out of the box atau di luar kotak. Intinya adalah pemikiran yang belum sempat dipikirkan orang lain.

Tidak heran, terkadang usaha yang dijalankan dari konsep yang biasa bisa sukses di pasaran. Hal ini kemungkinan karena pembuatannya menggunakan sudut pandang yang tidak sama. Sehingga bisa menarik minat para konsumen untuk membelinya.

 

  1. Coba berbisnis dengan hal yang baru dan berbeda dari lainnya

Membuka usaha yang sudah banyak dilakukan di pasaran akan sulit menemukan pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus membuat sebuah bisnis yang baru, inovatif dan berbeda dari yang lain.

Cobalah untuk membuat usaha dengan menghasilkan produk atau pun jasa yang belum ada di pasaran. Sehingga Anda bisa mencari para konsumen dengan mudah. Tentunya harus dibarengi dengan manfaat dari produk yang akan Anda buat. Jika banyak manfaatnya, maka akan ada banyak orang yang mencari dan membelinya.

 

  1. Gunakan setiap kesempatan yang ada di depan mata

Jadikan setiap kesempatan atau momen dalam hidup Anda sebagai cara dalam menemukan ide bisnis kreatif. Terkadang, gagasan-gagasan bisnis muncul saat waktu yang tak terduga seperti saat berjalan, bermain, sekolah, kerja dan sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan bukan, setiap kejadian di depan mata Anda bisa memunculkan ide cemerlang untuk membuka sebuah usaha. Jadi, jangan pernah lewatkan setiap momen dalam hidup Anda, agar bisa menemukan sebuah ide bisnis.

 

Demikianlah tadi penjelasan tentang tips menemukan ide bisnis kreatif. Ada banyak cara bukan untuk bisa memulai sebuah usaha? Setiap ada kemauan dan niat, pasti akan ada jalan. Selamat mencoba tips-tips tersebut. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang akan mencoba wirausaha atau membuka usaha sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *