Prospek, Persaingan Dan Cara Buka Usaha Toko Bangunan Bagi Pemula

Prospek, Persaingan Dan Cara Buka Usaha Toko Bangunan Bagi Pemula – Bagi seorang pemula pastinya akan merasakan ketakutan dalam buka usaha toko bangunan. Karena pengalaman yang masih nol dan modal yang dikeluarkan sangat besar.

Tips dan Trik Membuka Bisnis Toko Bangunan

Apabila sobat mempunyai modal uang yang cukup besar maka tidak usah takut untuk mencoba membuka usaha toko bahan bangunan. Disebabkan resiko kerugian yang sangat minim. Kalaupun barang tak terjual tak akan basi atau kadaluarsa.

Apabila sobat mempunyai lokasi usaha yang sangat strategis maka ada beberapa ide usaha yang bisa anda dirikan di tempat tersebut. Seperti usaha warung sembako, toko online, dan toko bahan bangunan. Kenapa penulis memasukkan toko bangunan? Karena usaha ini menjanjikan dan menguntungkan dengan resiko kerugian sangat minim.

Prospek Usaha Toko Bangunan

Pada saat dulu, orang desa masih menggunakan bilik bambu dan papan kayu dalam membangun rumah. Sehingga rumah tampak sangat sederhana. Pada waktu malam, angin malam sangat terasa menusuk kulit dan tulang. Namun saat ini, seiring meningkatnya daya beli masyarakat membuat rumah di pedesaan sudah banyak yang menggunakan bahan dasar semen dan batu bata atau tembok.

Dalam perkembangannya setiap rumah atau gedung yang ditinggali pastinya akan mengalami kerusakan. Akibat sudah dimakan usia. Berbagai renovasi terhadap rumah diperlukan untuk memperbaiki bangunan ataupun menambah ruangan di bangunan tersebut. Tentu saja semua itu membutuhkan bahan bangunan yang bisa didapatkan di toko bangunan.

Permintaan terhadap perumahan dan rumah sangat tinggi akhir-akhir ini. Hal ini seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Indonesia. Terutama kalangan kaum milenial ataupun para pengantin baru. Mereka membutuhkan rumah untuk membangun keluarga harmonis dan mandiri.

Tak aneh jika di berbagai kota besar hingga pelosok desa di Indonesia tumbuh subur pembangunan kompleks perumahan dengan sistem KPR ataupun tunai.

Selain itu, ada juga orang yang lebih memilih untuk membangun rumahnya. Mereka membeli tanah dan di atas tanah itu dibangun rumah dengan desain sendiri.

Fenomena itu, membuat permintaan terhadap bahan bangunan sangat tinggi di masyarakat. Sehingga peluang bisnis toko bahan bangunan sangat menjanjikan untuk dijalankan di perkotaan maupun pelosok pedesaan.

Persaingan Usaha Toko Bangunan

Persaingan bisnis toko bangunan sangat tinggi saat ini. Di satu daerah bisa dijumpai beberapa toko bahan bangunan. Sampai toko bahan bangunan tertarget atau berada di dekat perumahan padat penduduk. Namun persaingan ini menguntungkan bagi konsumen. Karena konsumen bisa lebih leluasa dalam mencari toko bahan bangunan yang murah dan berkualitas lebih baik.

Setiap usaha mempunyai kompetitor. Dan usaha bahan bangunan termasuk jenis bisnis yang tingkat persaingan tinggi. Sehingga anda harus benar-benar merencanakan usaha ini dengan matang. Pastikan anda memiliki  banyak keunggulan ketimbang toko bangunan yang lain. Seperti harga bahan bangunan lebih murah, pemesanan bisa diantar langsung ke tempat tujuan dan lain sebagainya.

Cara Buka Usaha Toko Bangunan Bagi Pemula

Bisnis toko bahan bangunan dapat dijalankan oleh semua kalangan. Baik yang mempunyai modal uang besar maupun kecil. Berikut ini cara buka usaha toko bangunan bagi pemula dari awal sampai berdiri, antara lain:

1. Menentukan lokasi usaha

Setiap investasi tanah memerlukan lokasi tanah yang strategis untuk memaksimalkan keuntungan. Begitu juga dengan bisnis toko bahan bangunan memerlukan lokasi strategis. Supaya dapat dijangkau oleh konsumen.

Ciri lokasi toko bahan bangunan yang strategis adalah :

  • Mudah dijangkau oleh konsumen dari segala arah
  • Berada di pinggir jalan utama
  • Berada di dekat perumahan padat penduduk, dekat pusat perbelanjaan, dekat pasar tradisional, dekat terminal
  • Memiliki lahan luas untuk penyimpanan pasir, batu bata dan lain-lain
  • Mempunyai lahan parkir yang luas

Apabila anda mempunyai lokasi yang strategis bagi usaha toko bangunan maka anda bisa membangun toko bangunan di lahan itu. Namun bagi mereka yang tak memiliki tempat atau lahan strategis untuk buka usaha toko bahan bangunan maka dapat mencari lokasi yang tepat. Yang kemudian menyewanya secara bulanan atau tahunan.

Harga biaya sewa lokasi usaha yang strategis di perkotaan dan pedesaan cukup mahal. Apalagi tempat itu belum menjamin kesuksesan bisnis toko bahan bangunan. Oleh karena itu, sebagai permulaan anda bisa menyewanya secara bulanan. Kalaulah lokasinya sangat bagus dan membuat laris manis maka sobat dapat mengambil sewa tahunan.

Bagi mereka yang mempunyai modal besar dalam membuka usaha toko bangunan maka biaya sewa lokasi yang mahal menjadi tak mengapa. Namun sebaliknya, bagi mereka yang memiliki modal uang kecil untuk buka usaha toko bangunan akan sangat memberatkan. Uang yang mereka miliki kurang dari Rp 50 juta.

2. Persiapan modal usaha

Modal usaha toko bangunan terdiri atas modal biaya investasi dan operasional. Seperti pembelian alat-alat dan bahan bangunan yang akan dijual. Tentu uang yang dibutuhkan cukup besar. Mengingat harga barang bahan bangunan lumayan mahal. Seperti semen, berbagai ukuran besi, batu kerikil maupun pasir. Belum lagi barang yang lainnya.

Selain itu, anda mesti mempersiapkan uang untuk biaya sewa lokasi usaha. Kecuali anda membuka usaha toko bangunan di lahan milik sendiri. Menurut penulis, lebih baik sobat membuka toko bangunan di rumah sendiri karena akan menghemat biaya modal. Namun tentu saja syarat tempat  strategis harus terpenuhi.

Apabila anda mempunyai rumah yang halaman luas berada di pinggir jalan yang ramai dan dekat perumahan yang sangat padat penduduk maka sobat bisa membuka usaha toko bahan bangunan di dekat rumah anda. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi sobat dalam melakukan pengontrolan dan pengawasan usaha.

3. Belanja Barang Dagangan

Setelah mempunyai modal uang yang memadai untuk buka usaha toko bangunan maka berikutnya adalah belanja barang dagangan. Anda bisa menyusun daftar barang dagangan yang akan dijual di toko bangunan. Pastikan produk itu yang pokok dan terlaris di toko bangunan seperti semen, besi aneka ukuran dan fungsi, alat pertukangan misal gergaji, cat tembok, cat kayu, cat besi, pasir dan batu bata.

Dengan membeli barang yang pokok dan paling laris di toko bangunan akan membuat perputaran uang cepat dan keuntungan semakin besar dalam waktu singkat. Untuk mengetahui suatu barang paling laris di toko bahan bangunan maka anda bida bertanya langsung pada pemilik toko bangunan atau ke pegawainya.

4. Merekrut Pegawai

Dalam membuka usaha toko bahan bangunan, anda membutuhkan tenaga kerja seperti bagian penjaga toko maupun pengiriman barang. Pastikan anda mempekerjakan karyawan yang sudah berpengalaman dalam bisnis toko bangunan. Sehingga mengetahui barang apa saja yang paling laku dan kurang laku. Karyawan ini juga bisa dimasukan pada divisi pembelian.

Cara Pemasaran Usaha Toko Bahan Bangunan

Untuk memasarkan toko bahan bangunan maka anda bisa melakukan beberapa cara yakni:

  1. Merekrut tenaga marketing
  2. Menawarkan dengan harga diskon atau murah
  3. Memberikan komisi bagi mandor yang mengajak orang membeli bahan bangunan di toko bahan bangunan milik anda
  4. Pemasaran menggunakan sosial media seperti Facebook.

Anda ingin mengetahui bagaimana membuat rencana bisnis yang baik dan benar?

Demikianlah prospek, persaingan dan cara buka usaha toko bangunan bagi pemula.

Mudah-mudahan dapat menjadi referensi berharga bagi anda sekalian sebelum memulai bisnis toko bahan bangunan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *