Peluang Bisnis Online Dari Hobi Menulis di Blog

Peluang Bisnis Online Dari Hobi Menulis di Blog – Menghasilkan uang lewat blog, pernahkah Anda mendengar hal tersebut? Memang seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi semua bisa dilakukan dengan lebih mudah terlebih dengan adanya jaringan internet, contohnya adalah dengan mudahnya setiap orang untuk membuka bisnisnya masing-masing.

Dengan adanya jaringan internet yang bisa menjangkau hampir semua daerah dan dengan harga yang murah membuat peluang bisnis online semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga tidak mengherankan jika pasar bisnis online semakin hari semakin banyak peminatnya. Tidak hanya bagi pembeli namun juga bagi para penjual.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog hingga Rp 100 Juta per Bulan

Peluang Bisnis Online yang Menghasilkan Uang Dari Blog

 

Agar bisa membuka peluang bisnis online semakin lebar, paling tidak Anda harus mengetahui dan memiliki tempat untuk memajang “produk” yang ingin Anda bisniskan. Produk yang dimaksud tidak harus produk yang ada secara fisik namun juga bisa berupa tulisan, video, game, dan produk lainnya.

Menjerumuskan diri dalam dunia bisnis online memang tidak boleh hanya setengah-setengah. Hal ini karena dunia bisnis ini sangat berbeda dengan yang ada di dunia nyata.

Salah satu contohnya Anda bisa saja menjual sebuah barang yang memang barang yang dijual tidak Anda miliki tetapi sebagai gantinya Anda membeli produk lain yang serupa kemudian barang tersebut dikirim ke pembeli atas nama Anda. Sistem jual beli yang sering disebut dropship seperti itu memang memberikan banyak keuntungan, baik itu kepada pembeli atau Anda selaku penjualnya.

Lantas, bagaimana jika Anda ingin menjajakan produk yang Anda miliki sendiri padahal Anda tidak memiliki toko? Permasalahan tersebut seringkali menjadi kendala bagi para pebisnis muda. Namun, dengan adanya peluang bisnis online, siapa pun bisa menjadi seorang pengusaha meski hanya duduk di depan komputer dan tanpa harus memiliki toko.

Jika Anda ingin menjajakan produk melalui online, satu hal yang harus Anda miliki yakni platform atau tempat Anda menjajakan produk yang akan dijual, atau lebih mudahnya toko online. Salah satu website yang bisa Anda jadikan sebagai toko adalah melalui blog.

Blog sendiri merupakan salah satu website yang bisa memuat tulisan dan video serta memberikan keleluasaan kepada pemiliknya untuk bisa berkreasi dalam setiap postingan yang dipost. Aplikasi website yang satu ini bisa dengan mudah Anda miliki dan tanpa dipungut biaya kecuali jika Anda ingin menambahkan fitur-fitur tertentu yang mendukung bagaimana rupa dari toko Anda.

Umumnya para blogger, sebutan untuk orang yang menggunakan blog, lebih menyukai memposting tulisan, foto, atau video dibandingkan dengan berjualan. Meski demikian, pengikut dari blogger-blogger dengan tema tersebut cukup banyak.

Sehingga tidak heran penghasilan dari blogger yang memanfaatkan peluang bisnis online ini bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulan. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin menjadi blogger yang sukses, diantaranya:

 

1 . Menjadi blogger tidak mudah

Perlu Anda tahu, untuk bisa menjadi seorang blogger bukanlah hal yang mudah. Satu hal yang pasti, Anda harus tekun agar blog Anda selalu diisi dengan konten baru dan up to date. Tidak hanya itu, Anda juga harus bersabar terutama jika ingin menjadi blogger yang sukses. Umumnya para pengguna blog yang sukses adalah orang yang memang benar-benar suka dengan dunia atau tema yang digeluti. Sehingga inspirasi akan terus muncul dan tidak akan pernah merasa jenuh.

Peluang bisnis online dengan cara menjadi blogger memang tidak bisa diraih secara instan. Bagi Anda yang masih pemula, mungkin dalam 1 tahun pertama blog yang dimiliki tidak akan menghasilkan uang sesuai yang ditargetkan. Namun begitu, dengan fokus pada tema atau topik yang Anda angkat, lama kelamaan blog Anda akan semakin diakui.

 

2. Semakin banyak pengunjung = semakin banyak uang yang didapat

Satu hal yang perlu Anda pahami jika ingin menjajal peluang bisnis online sebagai bisnis yang akan digeluti adalah bahwa semakin banyak pengunjung itu sama saja akan semakin banyak uang yang akan diperoleh.

Ada beberapa tipe pengunjung yang biasa mengunjungi blog yakni tertarik karena iklan yang dipajang, ingin membeli sesuatu dari blog, ingin menggunakan jasa atau layanan yang ditawarkan atau ingin membaca info yang ada di blog. Dari keempat tipe pengunjung tersebut, pengunjung seperti apa yang ingin menjadi sasaran Anda.

Dengan menentukan pasar atau jenis pengunjung, Anda bisa menentukan tema seperti apa dari blog yang Anda buat. Apakah Anda ingin mengembangkan blog jual beli online atau blog yang berisikan beragam informasi menarik dengan tema tertentu.

Tidak ada salahnya mengiklankan blog Anda guna mendapatkan pengunjung yang lebih banyak. Untuk menambah penghasilan, Anda bisa menggunakan jasa iklan seperti AdSense, melakukan affiliate marketing, mengiklankan produk, dan lain sebagainya. Yang pasti, dengan semakin banyak pengunjung yang datang maka akan semakin besar pula pendapatan yang Anda terima.

 

3. Pilih satu tema, jangan jadi blog gado-gado

Sebagai blogger pemula sebaiknya fokus pada satu tema saja tentunya pilih tema yang paling Anda gemari agar pembahasan lebih enak dan lebih menarik. Saat pertama terjun dan menjajal peluang bisnis online dengan menjadi blogger pasti merasa “kok blog itu banyak banget pengunjungnya? Coba ah” atau “ih, temanya blog ini asyik banget, coba deh”.

Hal itu wajar namun segera tepis keinginan tersebut demi kelangsungan hidup blog Anda. Sebagai pemula, Anda cukup memilih satu tema yang dirasa paling cocok dan paling Anda kuasai.

Memang tidak ada salahnya mencoba menerapkan banyak tema atau pembahasan dalam blog yang dibuat. Akan tetapi, jika Anda tidak rutin mengupdate itu sama saja bohong. Banyak orang yang mengira jika membuat sebuah blog membahas topik-topik hangat maka akan semakin banyak pengunjung yang datang.

Hal itu memang bisa saja terjadi. Namun, yang perlu Anda ketahui jika dengan membuat blog gado-gado, Anda membutuhkan pengorbanan yang lebih besar. Tidak hanya akan ada lebih banyak waktu yang tersita, Anda juga harus membaca lebih banyak referensi dan juga biaya jika menyewa penulis untuk mengisi blog Anda. Oleh karena itu, sebaiknya pilih satu tema saja yang kiranya Anda tahu secara mendalam tentang tema tersebut.

Sebenarnya selain ketiga hal tersebut, agar bisa memperbesar peluang bisnis online Anda dari sebuah blog adalah dengan meningkatkan kualitas isi dari blog. Tidak ada salahnya untuk membaca atau mencari info-info baru terkait tema yang diambil.

Mungkin langkah awal Anda dalam mengawali bisnis ini cukup sulit. Akan tetapi jika blog Anda sudah terkenal dan memiliki pembaca setia, bukan tidak mungkin nantinya pundi-pundi rupiah akan mengalir ke dalam rekening Anda tanpa disadari. Oleh karena itu, jangan pantang menyerah dan terus meningkatkan kualitas blog yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *