Kiat Sukses Membangun Bisnis Dari NOL

Kiat Sukses Membangun Bisnis Dari NOL – Menjalankan bisnis merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kesuksesan, terutama di bidang materi. Namun menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah, butuh modal serta usaha keras agar bisnis yang hendak dibangun dapat berjalan lancar. Berbicara mengenai bisnis atau usaha, mengetahui cara kiat sukses dalam memulai sebuah usaha wajib diketahui bagi pemula yang ingin menjadi wirausahawan. Berikut ulasannya.

Tips-tips Sukses Membangun Bisnis dari Nol untuk Kaum Milenial - Tribunnews.com Mobile

Tips Kiat Sukses Membangun Bisnis

Dalam membangun sebuah usaha, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar usaha tersebut benar-benar dapat berjalan sesuai rencana. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan.

 

  1. Menemukan Ide

Ide memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis. Pasalnya dengan sebuah ide brilian, maka usaha apapun yang akan dijalankan akan memiliki kemungkinan sukses. Ide yang dimaksud adalah bisnis apa yang ingin dijalankan. Sebisa mungkin carilah sebuah ide usaha yang unik dan dibandingkan usaha lain pada umumnya. Ide usaha unik cenderung lebih mampu menarik perhatian konsumen.

Pastikan bahwa ide atau gagasan bisnis yang ingin dijalankan sesuai dengan bidang kesukaan Anda. Misalnya anda yang suka seni, dapat mencoba peluang bisnis dalam memproduksi gambar wisuda, karikatur, dan lain sebagainya atau untuk Anda yang suka memasak, dapat memulai membangun sebuah restoran.

 

  1. Melihat dan Menentukan Pasar

Tips kiat sukses yang kedua dalam menjalankan usaha adalah dengan melihat pasar. Maksudnya adalah perhatikan peluang usaha yang ingin dibangun dengan mempertimbangkan apakah banyak konsumen yang membutuhkan produk bisnis anda. Selain itu, buatlah rancangan apakah produk bisnis tersebut ditujukan untuk pangsa pasar seperti apa, anak muda, orang dewasa, orang tua, dari kalangan menengah ke bawah, atau menengah ke atas. Hal ini sangat penting diperhatikan agar kemungkinan bisnis tersebut sukses semakin besar.

 

  1. Belajar Langsung dari Ahlinya

Setelah memutuskan ide bisnis serta pasar yang ingin dibidik, tips kiat sukses berikutnya adalah belajar langsung dari pebisnis lain yang menjalankan bisnis serupa. Tak perlu ragu untuk meluangkan waktu dalam belajar bisnis. Sebagai saran, carilah ahli yang berada di luar kota tempat Anda akan menjalankan bisnis tersebut. Hal ini untuk mengurangi adanya kemungkinan persaingan pasar dalam merebut konsumen.

 

  1. Modal

Hal lain yang tak boleh dilewatkan adalah tersedianya modal untuk usaha tersebut. Ini adalah trik kiat sukses dalam berbisnis. Seperti yang kita tahu bahwa bisnis dan modal seolah menjadi dua hal yang tak terpisahkan. Untuk mendapatkan modal, Anda dapat meminjam pada bank atau saudara yang bersedia memberikan suntikan modal usaha Anda. Namun apabila ternyata tak ada modal mencukupi, Anda tak perlu khawatir. Mulailah memulai usaha dengan cara mempromosikan produk secara online.

 

  1. Action

Sesempurna apapun rencana yang telah disusun dalam berbisnis, tanpa adanya aksi nyata maka hal itu sama saja dengan tak melakukan apapun. Jadi kuncinya adalah lakukan aksi nyata. Bagi Anda yang merintis usaha dari awal, benar-benar luangkan semua waktu Anda untuk menjalankan bisnis tersebut. Beberapa faktor yang tak dapat terlepas dari action saat menjalankan bisnis adalah:

  • Menghargai Waktu
  • Rekrut Orang-orang yang Tepat
  • Realistis
  • Ikuti Perkembangan Teknologi Terbaru
  • Memiliki Satu Tujuan, yakni Kesuksesan

 

  1. Persiapkan Segala Kemungkinan

Terlalu berharap bahwa usaha yang akan dijalankan akan mengalami kesuksesan merupakan sebuah kesalahan besar. Mengapa? Hal ini karena sama saja Anda telah bersiap-siap stress ketika ternyata bisnis tersebut mengalami hal sebaliknya, bangkrut.

Oleh karena itu, kiat sukses dalam membangun sebuah bisnis adalah mempersiapkan segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Setidaknya Anda harus memiliki 2 rencana cadangan untuk terus menjalankan bisnis tersebut. Semakin banyak rencana, maka kemungkinan Anda dalam mengalami kebangkrutan akan semakin kecil.

Hal yang harus Anda tahu adalah bahwa kiat sukses para pengusaha tak hanya dibangun dalam waktu satu atau dua tahun saja. Mereka telah banyak merasakan hal pahit dalam berbisnis namun dapat bertahan hingga akhirnya sukses.

 

  1. Jangan Bekerja Sendiri

Banyak pengusaha pemula yang berpikir bahwa dengan melakukan setiap hal yang berhubungan dengan bisnis mereka seorang diri, maka usaha tersebut akan berjalan lancar. Padahal dalam dunia bisnis, bekerja seorang diri bukanlah pilihan bijak. Hal ini sama saja dengan Anda tak percaya pada orang lain. Cobalah untuk merekrut orang sebagai partner dalam membangun bisnis tersebut, apakah orang tersebut teman baik Anda, saudara, atau bahkan orang lain yang memiliki kemampuan tepat dalam bisnis Anda.

 

  1. Manfaatkan Teknologi Informasi

Salah satu kiat sukses menjalankan bisnis paling penting yang juga harus diperhatikan adalah melek teknologi. Maksudnya bahwa jangan sesekali meremehkan perkembangan sosial media dan internet. Pasalnya setiap usaha saat ini telah dipromosikan secara online agar cepat berkembang. Anda dapat mulai mempromosikan usaha bisnis melalui sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat di era modern seperti sekarang serta toko online yang saat ini sangat mudah diakses.

 

  1. Tempat Strategis

Untuk bisnis yang membutuhkan stand¸memilih tempat strategis menjadi sebuah keharusan. Hal ini karena percuma saja apabila produk bisnis yang bagus dan memiliki peluang bagus untuk dijual, namun ternyata tempat bisnis tersebut susah diakses. Meskipun Anda dapat mengiklankan produk serta lokasi bisnis, namun alangkah baiknya apabila mempertimbangkan sebuah lokasi yang mudah diakses agar banyak pelanggan yang dapat datang serta melihat produk bisnis unggulan Anda secara langsung.

 

  1. Terus Lakukan Perbaikan Managemen Bisnis

Seorang pebisnis yang sukses tidak terlahir secara instan. Butuh waktu lama agar bisnis yang dibangun dapat benar-benar sukses. Oleh karena itu, teruslah lakukan perbaikan terhadap kelemahan bisnis Anda. Misalnya untuk bisnis makanan, perhatikan perkembangan grafik konsumen. Apabila tak ada kenaikan, maka ada kelemahan yang harus diperbaiki seperti terlalu sedikitnya menu pilihan favorit konsumen, rasa masakan yang kurang sedap, pelayanan yang kurang ramah, dan lain sebagainya. Dengan melakukan berbagai perbaikan dan kerja keras, dapat dipastikan bisnis yang Anda jalankan akan menemui jalan kesuksesan.

 

  1. Catat dan Segera Benahi Kesalahan

Tips terakhir adalah dengan mencatat kekurangan bisnis Anda dan segera lakukan pembenahan terhadap bisnis Anda. Hal ini tentu harus diperhatikan karena biasanya apabila seorang pemula usaha bisnis mengalami kegagalan, mereka akan langsung drop dan lupa untuk mencatat apa kesalahan yang membuat bisnis jatuh. Dengan mencatat kesalahan tersebut, Anda tak akan lagi mengulangi kesalahan serupa.

 

Itulah beberapa kiat sukses dalam membangun sebuah bisnis dari nol untuk pemula. Selain tips di atas, jangan ragu untuk melakukan riset kecil terhadap bisnis orang lain yang serupa dengan bisnis Anda serta membaca kekurangan terhadap bisnis yang dijalankan oleh orang tersebut. Dengan kata lain, kuncinya adalah jangan pernah lelah untuk bekerja keras membangun usaha bisnis serta jangan mudah jatuh saat rencana bisnis Anda tersebut gagal. Selamat menjalankan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *