Inilah 7 Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Inilah 7 Strategi Pemasaran Online yang Efektif  – Tak dapat dipungkiri bahwa internet kini sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat modern. Baik di negara modern maupun negara berkembang, dalam setiap kegiatan yang dilakukan selalu membutuhkan adanya koneksi internet. Termasuk salah satu yang paling banyak menggunakan adalah untuk berkomunikasi.

Semakin banyaknya penggunaan internet akhirnya juga membawa variasi dalam berkomunikasi. Media sosial, kini menjadi sarana komunikasi yang paling banyak digunakan. Tak hanya untuk berkomunikasi, media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi dalam berbisnis. Strategi pemasaran online kini menjadi salah satu model pemasaran yang sangat populer dan banyak digunakan saat ini.

7 Langkah Pemasaran Online dengan Strategi Internet Marketing

Memanfaatkan Sosial sebagai Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Media sosial kini bukan lagi hal yang baru. Tidak hanya sebagai media bertukar informasi, media sosial kini memiliki peran yang lebih signifikan. Banyaknya pengguna media sosial pun kemudian dimanfaatkan oleh pemilik bisnis sebagai sarana atau media promosi.

Bukan tanpa sebab, karena melakukan promosi di media sosial terbilang sangat efektif. Promosi ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun dalam bentuk yang berbeda. Strategi pemasaran online sudah ada sejak lama, namun dengan media yang berbeda.

 

Strategi pemasaran online yang diterapkan saat ini memiliki variasi yang lebih beragam. Jika pemasaran online pada jaman dahulu lebih menekankan pada penggunaan media website atau blog, maka kini media yang digunakan lebih beragam.

Selain website dan blog, para pemilik bisnis juga menggunakan media sosial yang lebih kekinian. Diantara media sosial yang banyak digunakan adalah instagram, twitter dan juga facebook. Ketiga sosial media ini adalah situs-situs yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet.

 

Jika Anda memiliki bisnis Anda sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba strategi pemasaran ini. Selain efektif, penggunaan media berbasis online seperti sosial media tergolong efisien dan tidak memerlukan biaya yang terlalu besar.

Dengan memanfaatkan strategi pemasaran online, Anda bisa mempromosikan produk bisnis yang sedang dikelola dengan lebih mudah dan bisa menjangkau lebih banyak kalangan.

Anda yang ingin mulai memanfaatkan media berbasis online ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar promosi yang sedang dijalankan bisa berjalan dengan efektif.

 

1 . Melakukan Riset Pasar dan Barang

Strategi yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah melakukan riset, baik riset untuk barang dan juga pasar yang akan dituju. Melakukan riset pasar bertujuan untuk melihat pangsa dan persaingan yang ada di pasar. Dengan begitu Anda bisa mengukur apakah produk yang Anda tawarkan bisa memenuhi kebutuhan pasar dengan kualitas lebih baik atau tidak.

Riset pasar juga bisa bertujuan untuk mencari peluang dari setiap usaha yang sudah ada. Sehingga Anda bisa menawarkan hal yang baru dan belum ada di pasaran.

 

2 . Menggali kebutuhan konsumen

Saat melakukan riset pasar, Anda secara otomatis akan mengetahui kebutuhan pasar. Sebuah strategi marketing online tak akan berhasil jika Anda tidak bisa memperhatikan kebutuhan konsumennya. Setelah mengetahui kebutuhan konsumen, Anda bisa memperkirakan apakah produk Anda bisa memenuhinya ataukah tidak.

Selain itu, Anda juga bahkan bisa merancang untuk menyediakan produk yang lebih baik dari produk yang sudah ada.

 

3 . Memulai dengan Membuat Website

Blog atau website perusahaan merupakan salah satu hal yang wajib dalam strategi pemasaran online. Memiliki website perusahaan akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi dan menjangkau calon konsumen. Website juga bisa menjadi jaminan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen.

Dengan adanya website pelanggan jadi lebih percaya pada Anda dan produk yang ditawarkan. Singkatnya, website bisa mempengaruhi jalannya bisnis Anda, apakah bisa tetap berjalan ataukah hanya berjalan saja di tempat.

4 . Mulailah Menggunakan sosial media

Setelah memiliki website resmi perusahaan, strategi selanjutnya yang akan mendukung promosi atau pemasaran Anda secara online adalah membuat akun sosial media. Jika website berfungsi sebagai media untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, maka sosial media adalah media untuk mengenalkan bisnis dan produk Anda kepada khalayak luas.

Memiliki media sosial akan membuat pandangan lebih modern pada bisnis yang Anda jalankan. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang tertarik.

 

5 . Membuat ulasan website bisnis Anda di Internet.

Membuat ulasan tentang bisnis Anda di internet juga merupakan hal yang sangat penting. Ulasan ini sebaiknya dilakukan oleh pihak ketiga, yang mana pihak tersebut akan mengulas kelebihan dari bisnis atau produk Anda.

Tujuan dari membuat ulasan ini selain untuk lebih mengenalkan produk dan bisnis Anda juga untuk meningkatkan reputasi dari website bisnis Anda. Semakin banyak ulasan dan semakin baik ulasannya tentu akan berdampak pada semakin baik pula reputasi bisnis Anda. Dengan begitu, pelanggan juga akan semakin percaya dan tertarik.

 

6 . Melakukan update pada website dan Media sosial secara berkala

Pembaharuan atau update pada website bisnis maupun sosial media bisnis Anda merupakan sebuah keharusan. Pelanggan yang sudah mulai tertarik pada bisnis Anda akan semakin penasaran dan membuka website Anda. Jika website sering diperbaharui, tentunya konten dan  produk juga semakin update.

Desain website yang dibuat lebih menarik dengan unsur kekinian dan up to date juga bisa menjadi nilai lebih bagi promosi Anda. Untuk itulah kegunaan dari pembaharuan secara berkala. Bayangkan jika Anda sudah bersusah payah melakukan promosi untuk website Anda, namun tidak ada pembaharuan di dalam website tersebut. Hal ini akan sangat membuang tenaga.

 

7 . Melakukan optimasi pada website Anda.

Optimasi ini bertujuan untuk membuat website Anda berada di urutan teratas dalam mesin pencarian. Disinilah peran dari SEO (Search Engine Optimization) diperlukan. Dengan menggunakan SEO, website Anda tidak hanya akan berada di posisi teratas mesin pencarian namun juga bisa meningkatkan awareness pada costumer Anda.

Selain itu Anda juga bisa mengoptimalkan adanya media sosial dengan turut terlibat dengan audiens atau calon konsumen. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran online adalah dengan memasang iklan. Anda bisa memasang iklan di media sosial dan Google untuk semakin meningkatkan authority bisnis maupun produk yang sedang dipromosikan.

Semakin berkembangnya layanan internet bisa menjadi peluang yang bagus bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis. Kemudahan dalam mengaksesnya dan juga jangkauan akses yang luas sudah menjadi alasan yang cukup untuk beralih pada strategi pemasaran online. Menggunakan media-media promosi berbasis online seperti website dan sosial media, tidak hanya efektif namun juga efisien.

Efektif karena bisa menjangkau berbagai kalangan pengguna internet. Efisien karena penggunaan media promosi berbasis online ini tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda sebagai pengusaha juga harus bisa mengikuti trend dan bersikap terbuka terhadap perkembangan yang ada. Dengan bersikap terbuka Anda akhirnya bisa memanfaatkan peluang yang ada, yang mana justru kini semakin besar dengan adanya peran dari media-media berbasis online ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *