CV yang Menarik untuk Fresh Graduate yang Baru Lulus

CV yang Menarik untuk Fresh Graduate yang Baru Lulus – Mencari pekerjaan sesuai yang diinginkan tidaklah mudah. Apalagi saat ini masih banyak lulusan S1 yang menganggur. Salah satu alasan sulitnya fresh graduate mendapat pekerjaan adalah mereka harus bersaing dengan para pelamar yang berpengalaman. Saat melamar sebuah pekerjaan, seseorang umumnya diminta melampirkan CV (Curriculum Vitae). Membuat CV yang menarik untuk fresh graduate tidaklah sulit, namun ada beberapa trik yang perlu diketahui. Dengan menyimak poin-poin penting di bawah ini, diharapkan Anda dapat memperoleh pekerjaan yang diidamkan.

 

11+ Contoh CV Kreatif / Menarik / Fresh Graduate / Baik dan Benar

Tips Membuat CV yang Menarik untuk Fresh Graduate

 

Saat melamar pekerjaan, diperlukan CV yang berkualitas. Pemberi kerja umumnya belum mengenal identitas  para pelamar kerja. Keberadaan CV ini tak hanya sebagai dokumen pelengkap saja, namun ini merupakan profil singkat diri pelamar mulai dari identitas hingga pekerjaan serta pengalaman yang pernah dimiliki. Berikut ini ada sedikit tips membuat CV yang baik khususnya bagi Anda yang baru lulus kuliah.

 

  1. Pahami Konten CV yang Baik

Jika Anda sedang membuat CV yang menarik untuk fresh graduate, pahamilah secara detail bagaimana cara membuat CV yang profesional. Secara umum, sebuah CV berisikan identitas diri pelamar, riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja serta ketrampilan teknis dan personality dari si pelamar. Identitas yang dimaksud di sini berupa nama, alamat tempat tinggal, serta kontak dari pelamar. Kontak yang diberikan bisa berupa nomor telepon dan alamat email yang masih digunakan.

 

Untuk riwayat pendidikan ini difokuskan pada pendidikan terakhir seperti DIII atau S1. Anda sebaiknya membubuhkan jurusan atau program studi bersamaan dengan IPK terakhir CV juga harus memuat pengalaman organisasi di kampus atau masyarakat yang pernah Anda ikuti. Anda juga perlu menambahkan ketrampilan apa yang dimiliki baik yang terkait dengan jurusan kuliah ataupun yang mendukung posisi pekerjaan yang dilamar.

 

  1. Pilih Desain Terbaik untuk CV anda

 

CV yang menarik untuk fresh graduate harus memiliki desain atau layout yang berkualitas. Sesuaikan desain dengan pekerjaan dan perusahaan yang dilamar. Ada banyak pilihan desain CV mulai dari yang sederhana, profesional hingga yang kreatif. Jika ingin melamar pada sebuah perusahaan besar, Anda bisa memilih desain menarik yang terlihat profesional. Usahakan untuk memilih font dan tata letaknya tidak memusingkan pembaca. Jika ingin CV yang kreatif, pilih desain yang memikat, namun dengan tulisan yang jelas terbaca. Tak jarang, seorang pelamar memberikan CV yang nampak menarik, namun sayangnya tulisan tak bisa terbaca karena pemilihan background yang kurang tepat.

 

Mengetahui dengan pasti profil sebuah perusahaan yang akan dilamar adalah sebuah keharusan. Jika Anda akan melamar di sebuah perusahaan teknologi seperti sosial media, jangan ragu untuk menggunakan CV berdesain unik dan stylish. Jika tak bisa membuatnya sendiri, Anda bisa meminta tolong pada jasa pembuatan CV yang profesional. Namun, jika Anda mengirim CV untuk instansi pemerintah, maka buatlah yang simpel namun terlihat profesional.

 

  1. Periksa EYD

 

Setelah memilih konten dan desain dari CV, CV yang menarik untuk fresh graduate harus menggunakan bahasa yang baik dan benar. Periksa pada bagian EYD apakah ejaan yang digunakan sudah tepat atau belum. Jangan sampai terdapat salah penulisan kata karena ini membuat CV terlihat kurang profesional. Selain itu, hindari menggunakan kata-kata yang tidak baku atau gaul. Jika menggunakan Bahasa Inggris, teliti spelling dan grammar yang digunakan. Jangan sampai ada kesalahan sedikit pun.

 

  1. Isi CV dengan Informasi yang Relevan

 

Sebelum memberikan surat lamaran pada pihak perusahaan, cek apakah CV tersebut sudah termasuk CV yang menarik untuk fresh graduate atau belum. CV yang baik harus menyajikan informasi yang relevan dengan posisi yang dilamar. Semisal, jika Anda melamar untuk perusahaan A dengan posisi sebagai Admin atau Customer Service, maka ketrampilan memasak tak perlu diinfokan. Anda bisa memberikan info yang ada hubungannya dengan posisi kerja tersebut. Sebagai contoh, berikan informasi jika Anda pernah bekerja sebagai admin di sebuah perusahaan swasta atau online shop.

 

  1. Gunakan Foto Terbaik Anda

 

Tak hanya deskripsi mengenai pengalaman dan prestasi yang dimiliki, foto profil yang dicantumkan haruslah yang terbaik. Foto untuk CV tidak harus sama dengan foto ijazah atau foto ktp. Terkadang bagi perusahaan tertentu, foto seperti itu terlihat membosankan. Apalagi jika Anda melamar untuk perusahaan teknologi yang sedang berkembang. Disarankan, Anda bisa memakai foto terbaru Anda yang memakai baju sopan. Untuk wanita, sebaiknya gunakan sedikit make up agar wajah terlihat lebih fresh. Hindari make up terlalu tebal karena akan terlihat berlebihan. Foto profil yang baik adalah salah satu kunci CV yang menarik untuk fresh graduate.

  1. Memiliki Ketrampilan yang Tidak Biasa

 

Kemampuan bisa mengoperasikan Microsoft Office adalah hal umum. Bahkan, terdengar klise karena kemapuan ini banyak dimiliki oleh pelamar lainnya. Ada baiknya Anda memberikan info seputar kemampuan diri Anda yang unik dan tidak biasa. Sebagai contoh, “bisa berbahasa Thailand dan Perancis”. Ini tak hanya terdengar unik, namun akan memberikan poin lebih pada nilai skill Anda. Selain kemampuan berbahasa asing, Anda juga bisa menuliskan kemampuan unik lainnya seperti “bisa berbahasa isyarat”. Tentu, info yang dituangkan sebaiknya relevan dengan bidang yang akan dilamar.

 

  1. Membubuhkan Email yang Profesional

 

Perusahaan terkadang melakukan proses rekrutmen melalui email. Jika saat ini alamat email Anda masih menggunakan nama alay, sebaiknya buat yang baru. Email alay akan membuat citra diri Anda menurun sebab tidak terlihat profesional. Salah satu contoh alamat email yang baik adalah yang mengandung nama Anda dan tidak disertai angka.

 

  1. Batasi Informasi di CV anda.

 

CV yang menarik untuk fresh graduate adalah yang tidak terlalu panjang dan berbelit. CV sebaiknya maksimal 2 halaman. Bahkan, jika memungkinkan dibuat 1 halaman saja. Anda mungkin memiliki segudang prestasi dan pengalaman beroganisasi, namun jika terlalu banyak sebaiknya pilih yang mana yang akan Anda tuliskan dalam CV agar perusahaan tidak bosan membacanya.

 

  1. Baca Ulang CV Anda Sebelum Dikirimkan

 

Jangan merasa puas dengan CV terbaru yang baru dibuat. Baca kembali apakah ada kesalahan penulisan atau informasi yang Anda buat. Sebaiknya baca berulang kali CV Anda untuk meminimalisir kesalahan ketika membuat CV. Posisikan diri Anda sebagai seolah-olah sebagai orang dari perusahaan yang akan merekrut. Selain itu, Anda juga bisa meminta tolong pada rekan atau kerabat untuk membaca CV yang dibuat. Jangan ragu untuk meminta nasihat atau masukkan pada orang yang meniliti CV Anda.

 

Nah, itulah beberapa kiat-kiat saat membuat CV yang berkualitas. CV adalah poin penting yang dapat meloloskan Anda ke tahap rekruitmen berikutnya. Jika CV yang dibuat tidak profesional, jangan terlalu berharap akan lolos ke tahap selanjutnya. Membuat surat ini memang bisa menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Segala konten dalam CV harus dipersiapkan sedetail mungkin sehingga Anda bisa mendapatkan pekerjaan impian. Demikian informasi mengenai CV yang menarik untuk fresh graduate. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.