Cara Sukses Mengikuti Tes Potensi Akademik CPNS

Cara Sukses Mengikuti Tes Potensi Akademik CPNS – Trik sukses menghadapi tes potensi akademik sangat diperlukan bagi sebagian orang yang akan mengikuti tes masuk kerja atau sebagai karyawan. Sekarang ini, tes potensi akademik atau yang sering disebut dengan TPA memang bukan lagi menjadi hal aneh bagi mereka yang mendaftar kerja di perusahaan tertentu atau yang akan melanjutkan studi ke jenjang magister hingga lebih tinggi lagi.

Bahkan tes potensi akademik (TPA) juga diberikan bagi mereka yang akan mendaftar S1. Pada dasarnya, tes potensi akademik merupakan tes ujian yang digunakan untuk menentukan kemungkinan tingkat keberhasilan pada seseorang. Ujian tes potensi akademik biasanya ditemui ketika akan mendapatkan sebuah jabatan hingga ketika mendaftar sebagai CPNS.

Persiapan Mengikuti Tes Potensi Akademik dan Tipsnya - Edumaster Les Privat Terbaik Sekolah Internasional

Bagi Anda yang pernah mengikuti tes potensi akademik atau sedang mempersiapkan diri menghadapai TPA sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui beberapa kriteria yang dijadikan standar untuk kelulusan di ujian ini. Jika mengikuti standar internasional seperti yang diterapkan oleh OOT Bappenas, standar kelulusan yang harus dicapai dimulai dari 200 hingga 800. Namun, ujian tes potensi akademik dapat ditentukan sendiri untuk standar kelulusannya tergantung pada penyelenggara  TPA itu sendiri.

Untuk ujian tes potensi akademik biasanya dibedakan menjadi beberapa kategori soal psikotes diantaranya yaitu, tes angka atau numberik, tes verbal, tes gambar dan tes lawan kata. Memang beberapa kategori tersebut terdengar cukup sederhana, namun kenyataannya tidak sesederhana yang Anda pikirkan.

Bagi sebagian orang, tes potensi akademik merupakan tahap ujian yang cukup sulit karena biasanya soal yang diberikan di TPA merupakan pilihan-pilihan yang menjebak. Jika Anda tidak benar-benar teliti, maka akan sangat mudah untuk melalukan kesalahan menjawab soal-soalnya. Tetapi, hal ini tentu tidak akan terjadi jika Anda sering menguji kemampuan mengerjakan soal-soal TPA untuk latihan sebelumnya. Nah, agar tes potensi akademik berjalan dengan lancar dan mencapai kelulusan maksimal, berikut merupakan beberapa trik jitu yang dapat Anda lakukan ketika menghadapi ujian TPA.

7 Trik Jitu untuk Menghadapi Tes Potensi Akademik CPNS

  1. Mencoba lebih memahami dengan katakteristik setiap soal tes

Saat ini, terdapat banyak instansi-instansi seperti perusahaan yang memberikan tes potensi akademik sebagai salah satu acuan untuk ujian masuk kerja, namun tentu disetiap instansi memiliki soal yang berbeda-beda untuk kategori soalnya. Tingkat kesulitan juga semakin tinggi, maka dari itu sebelum Anda mengikuti tes potensi akademik terlebih dahulu mengetahui bagaimana model dan katakteristik tes yang akan diikuti. Solusi terbaik yaitu dapat mempelajari beberapa model soal TPA yang pernah diberikan oleh instansi yang akan Anda ikuti tes, misalnya contoh soal ujian tes 3 tahun terakhir. Meskipun begitu, jangan lupa bahwa setiap tahunnya soal untuk ujian TPA akan semakin berkembang, maka dari itu Anda juga harus lebih teliti dan lebih mempelajari model tes terkini.

 

  1. Rajin-rajin untuk terus berlatih menghadapi model soal

Ujian TPA memang tidak sesederhana yang Anda pikirkan. Salah satu trik ampuh yang  dapat membantu Anda lulus dari ujian tes potensi akademik yaitu terus berlatih mengerjakan model soal-soal TPA. Beberapa hari sebelum mengikuti ujian usahakan Anda sudah mempersiapkan mengumpulkan materi-materi dari soal-soal latihan TPA hingga Anda mersa yakin bahwa dapat memahami setiap model soal yang diujikan. Dengan rajin berlatih, maka kecepatan Anda dalam memahami dan menemukan jawaban disetiap soal akan semakin meningkat. Jadi, jangan pernah malas untuk selalu berlatih dengan soal-soal yang sudah pernah diberikan sebelumnya. Beberapa soal tes potensi akademik dengan mudah bisa didapatkan di internet.

 

  1. Tidak hanya fisik yang harus prima, tetapi mental juga harus siap

Akan dirasa sangat percuma jika Anda sudah mempersiapkan semuanya dari kondisi fisik dan lainnya namun keadaan spiritual dan mental tidak saling seimbang. Memang selain fisik yang harus selalu dalam kondisi baik ketika akan menghadapi ujian tes potensi akademik, pastikan bahwa mental juga harus siap menghadapinya. Karena kondisi mental juga sangat mempengaruhi kinerja pada otak. Ketika mental dalam kondisi prima, maka rasa tegang, takut, tidak percaya diri dan masalah gangguan lainnya akan hilang begitu saja. Sehingga tubuh akan tenang dan rilex ketika menyelesaikan soal ujian. Keadaan mental yang tidak baik dapat mengganggu konsentrasi berfikir dan akhirnya akan mengakibatkan kesalahan ketika menjawab soal.

 

  1. Tetap fokus disetiap soal ujian TPA

Konsentrasi dan fokus sangat dibutuhkan ketika sedang mengerjakan tes potensi akademik. Keadaan fokus yang stabil juga akan sangat membantu untuk lebih teliti dalam memahami soal ujian, sehingga akan lebih kecil kemungkinan bagi Anda untuk melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal ujian TPA. Untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus dapat dilakukan dengan tetap fokus membaca dan memperhatikan setiap soal yang ada, karena setiap sesi soal memiliki model soal yang berbeda. Maka dari itu, tetaplah dalam keadaan fokus agar semua soal lulus dalam penyelesaian.

 

  1. Mulailah mengerjakan soal dari yang paling mudah

Dapat menyelesaikan soal yang dianggap paling sulit memang akan memberikan rasa puas tersendiri, namun jangan terlalu memprioritaskan hal itu. Karena mengerjakan soal yang paling sulit harus membuang waktu terlalu banyak, sehingga lebih baiknya kerjakan terlebih dahulu soal-soal dari yang paling mudah terlebih dahulu. Dengan cara seperti itu akan semakin banyak skor yang dikumpulkan dalam waktu secepat mungkin. Jika memang soal-soal yang dirasa mudah sudah selesai dikerjakan, kemudian lanjutkan dengan mengerjakan soal-soal tingkat kesulitan tinggi. Pada umumnya, lebih baik mengerjakan 10 soal mudah dibandingkan dengan selesai dengan 3 soal sulit dalam waktu 10 menit.

  1. Memiliki buku TPA serta ikut di beberapa Try Out

Tidak ada salahnya jika Anda memang berniat untuk lulus dalam tes potensi akademik dengan hasil yang maksimal maka dengan memiliki buku TPA akan lebih membantu proses pengembangan diri dalam menyelesaikan soal-soal ujian nantinya. Buku TPA dapat Anda dapatkan dari pinjaman atau membelinya di toko buku. Setelah mempelajari beberapa materi dalam buku TPA dapat dilanjut dengan mengikuti beberapa try out terbuka, tidak hanya UN saja yang tersedia try out namun ujian potensi akademik juga sudah disediakan. Dengan mengikuti try out ujian potensi akademik maka dapat membantu Anda mengukur kemampuan menyelesaikan TPA.

 

  1. Trik ampuh untuk mengerjakan sesi numberik

Seperti yang sudah dijelaskan, tes potensi akademik memiliki beberapa sesi diantaranya yaitu, sesi numberik. Soal ujian TPA dalam sesi numberik memang sangat membingungkan, kendala pada sesi ini yaitu pada penghitungan. Untuk lebih mudahnya ikuti cara berikut dalam menghadapi sesi numberik. Berlatihlah menghitung cepat. Kemampuan berhitung memang sangat membantu dalam menyelesaikan soal pada sesi numberik. Sehigga mulailah berlatih berhitung karena semakin cepat berhitung akan semakin banyak soal yang dapat dikerjakan di sesi numberik.

 

Demikianlah beberapa trik yang dapat anda gunakan dalam mengikuti Tes Potensi Akademik dalam proses melamar kerja di sebuah instansi pemerintah atau CPNS. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.