Cara Mengatasi Warung Makan Sepi Pengunjung

Cara Mengatasi warung makan sepi pengunjung – Menjalani sebuah usaha tentu selalu ada resiko yang harus Anda hadapi. Seperti apapun usaha yang Anda lakukan, Anda tidak dapat menolak resiko tersebut. Sebagai contoh adalah ketikan anda membuka usaha warung makan, maka bagi seorang penjual, sepi pengunjung merupakan resiko yang harus dihadapi. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi warung makan sepi pengunjung.

Warung makan merupakan salah satu usaha bisnis di bidang kuliner yang kegiatan usahanya menjual aneka jenis makanan dan minuman kepada pengunjungnya. Nama warung makan memang terlihat lebih sederhana daripada restoran. Kegiatan usaha dari warung makan dan restoran sama-sama menjual makanan, hanya berbeda dari segi harga makanan dan tempat usahanya.

Masalah yang sering terjadi pada usaha warung makan

Banyak masyarakat yang beranggapan jika membuka usaha warung makan di dekat jalan raya akan ramai pengunjung. Sebenarnya anggapan tersebut tidaklah salah, tetapi karena beberapa alasan tertentu membuat warung makan sepi pengunjung. Hal itu membuat para pemilik warung makan menjadi bingung, mengapa warung makannya sepi pengunjung padahal letaknya strategis. Dan apa alasan warung yang jauh dari jalan raya atau berada di dalam perkampungan sekalipun malah lebih ramai?

 

Penyebab Warung Makan Sepi Pengunjung

Ada beberapa faktor yang menyebabkan warung makan Anda menjadi sepi pengunjung. Berikut ini ulasannya.

Rasa Makanan

Inti pokok dari usaha warung makan ialah menjual makanan. Rasa dari makanan yang dijual menjadi harga mati yang menentukan laris atau tidaknya usaha Anda. Jika warung makan sepi pengunjung, coba Anda rasakan lagi rasa dari makanan yang Anda jual. Ketika Anda mencicipi masakan yang Anda buat, berpikirlah bahwa Anda adalah pengunjung yang sedang makan di warung makan Anda sendiri. Setelah itu, tentukanlah dan nilailah bagaimana rasa masakan Anda. Jika memang ada yang kurang enak atau turun kualitasnya, evaluasilah apa penyebabanya, dan belajarlah lagi untuk mendapatkan rasa makanan yang pas dan enak sesuai keinginan pengunjung.

Harga Makanan

Murah merupakan prioritas dari segi pengunjung, sedangkan untung merupakan prioritas dari segi penjual. Jadi, jika bisa murah dan tetap untung maka usaha warung makan Anda akan berjalan lancar. Berikut ini adalah contoh menghitung penghasilan dari segi kuantitas/jumlah.
1. Menjual nasi goreng dengan harga Rp. 15.000/porsi. Hitungan jumlah pembeli nasi goreng dalam sehari mungkin sekitar 5-10 orang sehingga keuntungan yang didapatkan adalah sekitar Rp. 150.000 saja.
2. Menjual nasi goreng dengan harga Rp. 10.000/porsi. Hitungan jumlah pembeli nasi goreng dalam sehari mungkin sekitar 30 orang sehingga keuntungan yang didapatkan bisa mencapai Rp. 300.000.

Mana yang Anda pilih? Tentunya Anda akan memilih pilihan yang kedua. Memang menjual makanan dengan harga tinggi membuat Anda mendapat untung besar dalam sekali jual. Tetapi jika jumlah pembelinya sedikit maka percuma saja, lebih baik murah namun ramai pengunjung bukan?

Pelayanan Buruk

Mendapatkan pelayanan yang buruk ketika berkunjung ke warung makan dari si pemilik warung, tentunya pengunjung akan malas untuk datang lagi ke warung tersebut dan akan lebih memilih warung makan lain. Jadi, jika warung makan Anda ingin selalu ramai pengunjung, maka Anda harus pintar-pintar memuaskan pengunjung dengan pelayanan yang Anda berikan. Jangan sampai Anda melayani pengunjung dengan sikap sok cuek atau bahkan nada kasar. Sopan santun merupakan hal yang harus dijunjung tinggi dalam usaha seperti ini.
Selain itu pengunjung juga memiliki peranan penting dari strategi promosi Anda. Secara tidak langsung dan tanpa diminta, pengunjung akan menceritakan pengalaman makan di warung makan Anda dan akan datang lagi dengan mengajak teman atau rekan kerjanya jika warung makan Anda memiliki nilai positif terhadap pengunjung.

Tidak ada Papan Nama yang Jelas.

Kebanyakan warung makan hanya membuat papan nama yang hanya ditempelkan di gerobak makanan atau hanya dihadapkan ke jalan saja, sehingga orang yang melewati wilayah warung Anda kebanyakan tidak tahu. Hal inilah yang membuat warung makan sepi pengunjung. Oleh karena itu, papan nama warung makan Anda seharusnya diletakkan lebih kedepan yang menghadap ke arah jalan agar bisa terbaca oleh orang yang berlalu-lalang di sekitar wilayah tersebut. Atau Anda juga bisa memasang banner 300-500 m sebelum lokasi warung makan Anda. Dengan begitu pengunjung akan membacanya dan bersiap untuk menepi ke warung makan Anda.

Tidak adanya atau kecilnya lahan parkir

Tidak adanya atau kecilnya lahan parkir, tentu membuat calon pengunjung akan berpikir ulang dan malas untuk berkunjung, apalagi bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan seperti mobil dan truk. Hal itu dikarenakan sulitnya untuk memakirkan kendaraan yang mereka miliki.

Kurangnya kebersihan

Kurangnya kebersihan warung makan Anda baik dari segi makanan, karyawan, maupun lingkungan, tentu membuat calon pengunjung akan berpikir ulang dan merasa risih untuk berkunjung. Apalagi bagi pengunjung yang sangat menerapkan hidup bersih. Seperti slogan “Kebersihan Sebagaian Dari Iman”. Slogan tersebut harus Anda terapkan di lingkup usaha Anda. Warung makan yang tertata bersih, rapi, dan bau yang segar, membuat pengunjung betah dan bisa jadi akan menjadi pengunjung tetap.

Lokasi yang kurang strategis

Lokasi warung makan juga mempengaruhi ramai tidaknya pengunjung. Lokasi yang sepi dan tidak dilewati oleh para pengunjung juga merupakan faktor yang perlu diperhatikan. Jika lokasi warung makan Anda murah tetapi tidak strategis, sama saja Anda berjualan seperti di kuburan.Sebaiknya Anda memilih lokasi yang strategis dan ramai di lewati pengunjung serta harga sewa yang cukup terjangkau.

Datangnya pesaing baru

Apabila ada pesaing baru dan memiliki keunggulan yang lebih baik dari segi cita rasa, harga, pelayanan maupun faktor lainya, dapat dipastikan warung makan sepi. Hal yang harus Anda lakukan ialah meningkatkan kualitas warung makan yang sekiranya tidak bisa ditiru oleh usaha warung makan lainya.

Itulah beberapa ulasan mengenai penyebab warung makan sepi. Tidak selamanya lokasi yang kurang strategis itu bisa menyebabkan warung makan sepi pengunjung. Tetapi tidak selamanya pula lokasi yang strategis itu selalu ramai pengunjung. Hal itu tergantung dari usaha Anda sebagai pemilik warung makan dengan menggunakan strategi apa yang anda gunakan dan strategi apa yang pas untuk membuat warung makan sepi pengunjung menjadi ramai dan bisa untuk banyak.

 

Tips mengatasi warung makan sepi pengunjung

Berikut beberapa tips yang Anda dapat lakukan untuk mengatasi warung makan sepi pengunjung yang wajib Anda coba. Berikut ulasannya.

Berikan pelayanan yang baik

Pelayanan yang baik merupakan hal pertama yang Anda harus tingkatkan kualitasnya. Kenapa pertama? Hal itu dikarenakan pelayanan dari pemilik warung merupakan hal yang pertama pengunjung rasakan ketika mengunjungi suatu warung makan.

Dengan memberikan pelayanan baik, pengunjung baru ataupun pengunjung lama pasti akan merasa puas dan tentunya ingin kembali berkunjung ke warung Anda dan bahkan membawa temannya untuk berkunjung juga. Meskipun warung makan yang Anda miliki sangat sederhana, yang penting jika pelayanan baik dan sopan, pengunjung akan senang hati makan di warung makan Anda.

Promosi dengan Sistem Online

Jika Anda memulai usaha warung makan dengan usaha offline, saat warung makan sepi pengunjung, sebaiknya Anda gunakan promosi online, untuk tetap mendapatkan pengunjung. Saat ini, ada banyak warung makan yang menggunakan media social untuk melakukan promosi. Hal ini dilakukan untuk menjaring pengunjung yang memang pasti menyukai produk Anda.

Harga yang Terjangkau

Hal yang pertama yang selalu diutamakan pengunjung adalah harga. Apalagi usaha yang Anda jalani yaitu warung makan. Tidak semua yang berkunjung ke warung Anda merupakan orang yang berduit. Oleh karena itu, berikan harga yang terjangkau untuk makanan dan minuman yang Anda jual. Apabila harga terjangkau dan kualitas makanan warung Anda enak, maka warung Anda akan ramai pengunjung bukan?

Perhatikan Kualitas Makanan

Pelayanan yang baik dan harga terjangkau, tanpa didukung oleh makanan yang enak maka akan mengurangi ketenaran warung makan Anda.
Tidak hanya mencari warung makan yang terjangkau, pengunjung juga akan mempertimbangkan kualitas makanan yang dijual. Jika makanan yang Anda jual berkualitas (enak), maka pengunjung akan senang dengan hal itu dan pasti suatu saat akan kembali untuk makan di warung Anda lagi.

Jaga Kebersihan Tempat dan Makanan

Kebersihan tempat dan makanan juga wajib Anda lakukan sebagai pemilik warung makan. Siapapun, pasti lebih menyukai makan makanan dan tempat yang bersih bukan? Hal itu dikarenakan selera makan pasti jadi lebih enak jika makan di tempat yang seperti itu. Menjaga kebersihan baik dari makanan dan tempat sangatlah penting bagi Anda, sebab pengunjung akan merasa aman dan nyaman untuk makan diwarung makan Anda.

Sediakan Tempat yang Nyaman

Selain kebersihan tempat, kenyamanan tempat juga merupakan faktor yang cukup diperhitungkan oleh pengunjung. Jika tempat nyaman, maka pengunjung akan betah makan di warung makan Anda. Masalah kenyamanan tempat juga merupakan hal yang akan berpengaruh terhadap suka atau tidaknya pengunjung makan di warung makan Anda. Maka segera sediakan factor kenyamanan pada pengunjung Anda dengan cara menyediakan tempat duduk dan meja yang nyaman, alat makan yang nyaman, ruangan yang nyaman dan lain-lain. Hal ini diperlukan untuk mencegah pengunjung Anda pergi satu-persatu dan menjadi pengunjung warung makan lainnya,

Banyak berdoa

Jika Anda sudah berusaha maksimal agar warung makan Anda selalu ramai, maka hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah doa. Berdoalah kepada Tuhan agar warung makan Anda selalu pengunjung dan akan membawa berkah bagi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *