Cara Memulai Usaha Warung Sembako Modern, Prospek dan Keuntungannya

Cara Memulai Usaha Warung Sembako Modern, Prospek dan Keuntungannya – Usaha warung sembako merupakan jenis bisnis yang tidak pernah ada matinya. Usaha ini selalu laris manis dan dipenuhi para konsumen. Di pedesaan maupun di perkotaan, usaha warung sembako terbagi tiga yakni warung sembako modern mandiri, toko sembako modern sistem franchise seperti Alfamart, Indomaret, Yomart dan warung sembako tradisional sederhana.

Peluang usaha warung sembako sudah marak sekali. Sampai ke jalan atau gang kecil banyak berdiri warung sembako kecil-kecilan. Di sebagian wilayah mungkin usaha ini masih jarang pesaing. Hal inilah peluang bagus untuk anda mendirikan warung sembako modern yang menguntungkan. Pangsa pasarnya adalah masyarakat sekitar, para pemilik warung, dan toko eceran.

Modal Toko Sembako Modern Beserta Rinciannya

Prospek Usaha Warung Sembako Modern

Prospek bisnis warung sembako modern sangat bagus. Hal ini dikarenakan pangsa pasar yang luas dan permintaan tinggi per hari. Adapun daftar barang yang dijual antara lain : telor, tepung terigu, makanan ringan, minuman ringan, minyak goreng, tisu, gas elpiji 3 kg, beras, bumbu-bumbu, mie instant dan lain sebagainya. Dengan harga yang lebih murah akan membuat usaha ini laris manis.

Warung sembako modern adalah usaha warung yang menyediakan berbagai macam sembako yang dikelola secara modern. Dalam arti, penataan barang dilakukan dengan apik dan menarik. Selain itu, menggunakan teknologi canggih seperti pembayaran menggunakan komputer dan dapat melalui pembayaran online.

Jelas sangat berbeda antara usaha warung sembako tradisional dengan usaha warung sembako modern. Orang pastinya lebih memilih mengunjungi warung sembako modern. Karena tempatnya yang nyaman, penataan barang yang rapi dan kekinian, lebih leluasa dalam membeli barang serta harga yang lebih murah.

Untuk mengubah warung sembako sederhana dan tradisional ke warung sembako modern dapat dilakukan dengan mudah. Caranya dengan menyediakan peralatan modern. Seperti penyediaan komputer, pembayaran kasir bisa tunai atau debet. Untuk lebih jelasnya, anda bisa meniru desain dan pelayanan pada minimarket. Seperti Alfamart, Yomart atau Indomaret yang terbukti selalu laris manis.

Namun bagi warung sembako tradisional umumnya mempunyai lokasi ruangan usaha yang kecil atau sempit. Apakah bisa diubah menjadi warung sembako modern yang nyaman dan representatif? Selama ruangan bisa diperbesar lagi maka itu sangat mungkin. Dan itu bisa diwujudkan dalam rangka membangun warung sembako modern.

Usaha Warung Sembako Modern Di Pedesaan

Bagi anda yang mempunyai rumah yang kosong di desa maka anda dapat mendirikan usaha warung sembako modern. Hal ini akan lebih meningkatkan minat pembeli ketimbang membeli barang di warung sembako tradisional yang tampak kumuh. Pembayaran dapat dilaksanakan secara manual maupun modern menggunakan mata uang digital.

Kalau diumpamakan usaha warung sembako modern berada diantara toko minimarket modern seperti Alfamart, Yomart, Indomaret dan warung sembako tradisional sederhana. Ia berada di pertengahan. Untuk desain dilakukan pemilik warung sendiri dengan desain lebih menarik dan unik.

Yang namanya warung sembako modern lebih menjanjikan. Sebab pangsa pasarnya bukan hanya masyarakat sekitar. Tapi juga masyarakat di luar daerah. Pembuatan warung sembako modern dilakukan secara offline maupun online.

Keuntungan Warung Sembako Modern

Adapun yang menjadi kelebihan dan keuntungan membuka usaha warung sembako modern cukup banyak. Salah satunya adalah berbelanja di warung sembako modern akan membuat nyaman konsumen. Sebab kelengkapan fasilitas yang ada, ruangan yang bersih, pembayaran yang mudah dan lain-lain.

Dalam membuka usaha minimarket membutuhkan biaya uang yang sangat besar sampai ratusan juta rupiah. Namun dengan membuka usaha warung sembako modern, biaya yang dibutuhkan bisa jauh lebih kecil. Namun potensi keuntungan tak kalah menjanjikan dengan usaha minimarket waralaba. Semisal Yomart, Alfamart dan Indomaret.

Keuntungan lainnya, usaha warung sembako modern tidak melayani pembayaran secara hutang. Dikarenakan seperti minimarket franchise yang menggunakan sistem pembayaran kasir. Hal ini akan mengurangi resiko kebangkrutan usaha. Atas alasan inilah yang membuat para pemilik warung sembako tradisional mulai melirik untuk mengubah warung sembako sederhananya menjadi warung sembako modern.

Persaingan Usaha Warung Sembako Modern

Yang menjadi kompetitor dalam usaha warung sembako modern adalah usaha minimarket. Anda bisa mengalahkannya dengan lokasi usaha yang lebih strategis dan lebih tertarget. Berdasarkan pengalaman, harga sembako di minimarket terkadang jauh lebih mahal ketimbang harga barang sembako di warung sembako modern.

Inilah yang membuat daya tarik masyarakat untuk belanja kebutuhan pokok di warung sembako modern mandiri ketimbang minimarket. Hal ini sangat wajar karena usaha minimarket waralaba mempunyai biaya operasional yang lebih besar.

Cara Memulai Usaha Warung Sembako Modern

Berikut ini tips sukses cara memulai usaha warung sembako modern bagi pemula, antara lain:

1.Lokasi usaha yang strategis

Lokasi dan lokasi itulah yang menentukan kesuksesan usaha warung sembako modern. Dengan lokasi yang strategis seperti berada di dekat permukiman penduduk dan mudah dijangkau semua orang membuat peluang untuk sukses bisnis ini sangat besar.

Pada umumnya warung sembako sederhana dan tradisional tak memperdulikan lokasi. Usaha ini bisa buka di gang sempit sekalipun. Hal ini berbeda dengan warung sembako modern yang sangat memperhatikan lokasi. Lokasi yang dipilih adalah strategis yakni masuk mobil, parkir luas dan berada di pinggir jalan yang ramai dilalui orang.

2.Menentukan brand

Brand adalah yang membedakan usaha warung sembako modern sobat dengan pesaing. Pastikan anda menamakan brand usaha warung sembako modern anda dengan nama yang unik, mudah diingat orang, gampang diucapkan orang, dan belum pernah ada orang yang menggunakannya. Tentu saja nama yang baik itu harus disesuaikan dengan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen. Sehingga mereka merekomendasikan kepada orang di sekitarnya.

3.Menjalin relasi yang baik dengan masyarakat

Dengan relasi yang baik dengan masyarakat sekitar akan membuat penjualan produk di warung sembako modern dapat sesuai target yang ditentukan. Untuk menjalin relasi yang baik dengan masyarakat maka secara berkala usaha anda bisa mengadakan pembagian makanan gratis, sunatan masal gratis, pelatihan kewirausahaan bagi pemuda dan lain sebagainya.

4.Promosi usaha

Untuk mempromosikan warung sembako modern dapat dilakukan secara online maupun offline ataupun dari mulut ke mulut. Untuk mendukung kesuksesan promosi maka pastikan anda memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Seperti pada masalah harga yang lebih murah, produk yang lebih lengkap dan kenyamanan.

Karena hal ini akan memberikan efek promosi gratis dari mulut ke mulut. Setiap orang akan berbicara mengenai bisnis warung sembako modern anda ke orang di sekitarnya.

Sistem promosi dapat dilakukan secara gabungan. Misalkan promosi di media sosial Facebook sekaligus promosi offline dengan memasang spanduk yang menarik. Dalam spanduk tersebut tercantum nama warung sembako modern anda beserta motonya. Misalkan warung sembako modern Alan Murah Meriah dan Nyaman.

5.Desain menarik

Anda tak boleh sembarangan dalam menentukan desain interior dan eksterior warung sembako modern. Karena berdasarkan penelitian desain warung sangat menentukan keberhasilan usaha itu. Penulis seringkali menemukan usaha warung sembako tradisional yang didesain dengan tak menarik.

Hal ini akan menimbulkan keengganan orang dalam berkunjung ke warung tersebut. Sebaliknya dengan desain warung sembako modern yang lebih menarik dan indah akan meningkarkan minat berkunjung ke usaha warung itu.

Oleh sebab itu, pastikan anda mempunyai warung sembako modern yang didesain lebih menarik dan indah serta unik dan bersih. Supaya orang tertarik membeli di warung anda dan bisa membuatnya betah berlama-lama. Desain penataan barang menggunakan rak minimarket bukan etalase. Selain itu, calon pembeli bebas memilih barang yang dikehendakinya dan bisa memilih barangnya sendiri.

 

Penataan desain warung sembako modern bisa secara interior maupun eksterior. Untuk desain interior dilakukan dengan menempatkan meja kasir di dekat pintu masuk dan keluar warung. Kemudian, anda mengelompokan barang sesuai jenis dan klasifikasi yang dipajang di rak. Misalkan rak untuk sabun maka pajangkanlah sabun semuanya di rak tersebut. Cara ini akan memudahkan pengunjung dalam mencari barang yang dibutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *