Cara Mempromosikan Diri Ketika Wawancara Pekerjaan

Cara Mempromosikan Diri Ketika Wawancara Pekerjaan – Dunia kerja merupakan dunia yang sangat menantang bagi orang-orang berusia produktif, baik freshgraduate maupun yang sudah berpengalaman. Kemampuan dalam mempromosikan diri yang baik harus Anda miliki untuk menduduki posisi yang Anda inginkan di sebuah perusahaan.

Dalam proses melamar pekerjaan, proses mempromosikan diri sudah dimulai ketika Anda menulis lamaran dan Curriculum Vitae. Cara mempromosikan diri yang benar di dalam sebuah surat lamaran adalah menjelaskan kelebihan Anda secara jujur.

Sebutkan keahlian Anda yang membawa manfaat untuk kemajuan perusahaan serta kelebihan diri Anda yang tidak dimiliki orang lain misalnya mampu bekerja dalam waktu singkat atau mampu mengerjakan suatu pekerjaan secara multitasking.

Kunci keberhasilan Anda untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan tidak hanya tergantung pada serangkaian tes perekrutan tertulis. Cara mempromosikan diri dapat mempengaruhi perekrut untuk mengambil keputusan mempekerjakan Anda pada posisi tertentu di perusahaan tersebut sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

 

Bocoran Jawaban yang Tepat: Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? - KitaLulus

Cara Mempromosikan Diri yang Baik Saat Wawancara Kerja

Mempromosikan diri baik di dalam surat lamaran pekerjaan atau proses interview merupakan kunci penting yang menentukan perjalanan Anda selanjutnya dalam proses mencari pekerjaan. Promosi diri membutuhkan skill, terutama ketika menghadapi sesi wawancara kerja.

Di dalam sesi wawancara atau interview, Anda akan menghadapi sejumlah pertanyaan mengenai riwayat hidup Anda, latar belakang pendidikan, keluarga, bahkan tidak jarang hal-hal yang bersifat personal seperti kebiasaan, hobi, dan sebagainya.

Tujuan dari sesi wawancara adalah untuk mendapatkan informasi mengenai diri Anda sebagai calon karyawan serta mengetahui ide, pendapat, atau tanggapan Anda mengenai suatu topik atau masalah. Cara Anda menyampaikan pendapat dan cara mempromosikan diri  bisa menjadi pertimbangan pihak perusahaan untuk merekrut Anda sebagai karyawan.

Sesi wawancara ini sangat menentukan apakah Anda akan diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Meskipun Anda lolos adalah serangkaian tes dengan skor tinggi, namun jika Anda tidak meyakinkan saat sesi wawancara, Anda akan gagal menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

 

Bagaimana cara mempromosikan diri yang baik dan meyakinkan dalam proses wawancara kerja? Berikut ini adalah tips yang bisa Anda praktekkan dalam sesi wawancara agar performa Anda meyakinkan.

 

  1. Siapkan Beberapa Pertanyaan yang Umum Ditanyakan Dalam Wawancara Serta Jawabannya

Dalam wawancara kerja, biasanya ada beberapa topik umum yang sering ditanyakan oleh HRD perusahaan. Selain informasi mengenai diri Anda, persiapkan beberapa topik yang sedang hangat terkait dengan posisi yang Anda lamar. Anda juga bisa berlatih menjawab pertanyaan yang dibuat sendiri agar penyampaiannya terkesan natural dan tidak gugup.

 

Berlatihlah mengungkapkan tantangan yang sering Anda hadapi dan bagaimana cara yang biasa Anda lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut. Jika ingin membuat kesan lebih tegas, powerful, dan smart, pergunakan beberapa variasi kalimat yang mengungkapkan kebanggaan terhadap pencapaian yang pernah Anda buat.

Cara ini cukup ampuh dalam memberikan sugesti bahwa Anda akan meraih pencapaian yang sama ketika bekerja di perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan.

 

  1. Berpenampilan Rapi, Sopan, dan Elegan

Cara mempromosikan diri saat wawancara kerja bukan hanya tentang kemampuan Anda menjawab pertanyaan yang diajukan HRD. Penampilan juga merupakan salah satu poin penting yang harus diperhatikan dalam sesi wawancara. Pakailah busana yang memuat Anda terlihat mengesankan.

Kesan pertama Anda akan sangat diingat oleh pewawancara. Cara Anda berpenampilan akan menjadi poin yang menambah nilai plus sebagai calon karyawan. Bagaimana mungkin HRD dan jajaran petinggi perusahaan mempercayai kinerja Anda nantinya jika penampilan Anda tidak meyakinkan.

 

  1. Datang Lebih Awal Dari Jadwal Wawancara

Datang lebih awal dari jadwal wawancara membuat Anda lebih siap secara psikologis. Anda akan memiliki waktu untuk menenangkan pikiran, mengatur napas, dan mengatasi gugup. Sebelum wawancara dimulai, Anda akan lebih santai sehingga lebih mampu mengatur kepercayaan diri Anda.

Jika Anda datang terlalu mendekati jadwal wawancara, tentu Anda akan terburu−buru, gugup, dan berkeringat. Kondisi ini benar−benar buruk untuk mempromosikan diri. Kesan pertama HRD terhadap Anda tentunya akan kurang baik.

 

  1. Tampil Dengan Ramah dan Senyum

Ketika tiba giliran Anda diwawancara, masuklah ke ruangan wawancara dengan senyum yang ramah. Ucapkan salam formal dan ulurkan tangan Anda untuk berjabat tangan. Perkenalkan diri dengan hangat dan santai. Tunjukkan sikap percaya diri sejak Anda masuk ke ruang wawancara.

 

  1. Jawab Setiap Pertanyaan dengan Jujur

Cara mempromosikan diri selanjutnya adalah mengutamakan kejujuran dalam menjawab setiap pertanyaan. Jika pewawancara mulai bertanya tentang skill yang Anda miliki, jawab dengan jujur dan janganlah mengakui hal-hal yang mampu Anda lakukan.

Jangan pula tergoda untuk membuat kesan multitalenta, jika pada kenyataannya Anda hanya bisa sedikit mengenai beberapa hal. Lebih baik mengakui keahlian Anda yang sebenarnya meskipun hanya satu namun benar-benar Anda kuasai.

Jika memahami beberapa kemampuan teknis namun tidak secara mendalam, jangan katakan Anda mampu atau menguasai, tetapi katakanlah familiar terhadap kemampuan teknis tersebut.

 

Sebagai contoh, Anda mampu membuat video company profile perusahaan menggunakan fitur dalam salah satu aplikasi komputer. Ceritakanlah sejauh mana dan seberapa sering Anda menggunakan aplikasi tersebut sehingga pewawancara  mempunyai gambaran sejauh mana kemampuan dan keterampilan Anda.

 

  1. Simak Baik−Baik Pertanyaan dari Pewawancara

Menjawab pertanyaan dengan semangat memang penting, namun jangan sampai Anda tidak menyimak pertanyaan karena terlalu bersemangat menjawab. Berbicaralah dan berhenti pada saat yang tepat.

 

  1. Tunjukkan Sikap yang Hangat dan Menyenangkan Selama Sesi Wawancara Berlangsung

Tunjukkan sikap yang hangat dan menyenangkan kepada pewawancara. Pelamar yang hangat dan menyenangkan akan lebih memikat pewawancara. Selain itu, kedua sifat tersebut sangat diutamakan ketika Anda sudah terjun ke dunia kerja. Menonjolkan sikap yang memikat dan menyenangkan merupakan cara mempromosikan diri yang cukup efektif.

 

  1. Kemukakan Visi dan Misi Anda

Biasanya, pewawancara akan meminta Anda mengemukakan visi dan misi. Apa yang akan Anda lakukan dalam beberapa tahun ke depan untuk perusahaan. Tawarkan visi dan misi Anda untuk meningkatkan kemajuan perusahaan. Inilah cara mempromosikan diri yang menunjukkan nilai jual Anda sebagai calon karyawan yang layak untuk dipekerjakan.

 

  1. Buatlah Penutup yang Mengesankan

 Saat seluruh pertanyaan pewawancara sudah Anda jawab, ungkapkan sebuah pernyataan penutup yang mengesankan. Pernyataan penutup bisa berupa besarnya harapan Anda untuk diterima di perusahaan tersebut atau betapa Anda terkesan dengan keramahan dan kebaikan pewawancara serta situasi perusahaan yang tampak menyenangkan.

Berikan apresiasi kepada pewawancara bahwa mereka telah memperlakukan Anda dengan baik selama sesi wawancara dan jangan lupa ucapkan terima kasih.

 

Demikianlah cara mempromosikan diri yang baik dalam sesi wawancara pekerjaan. Seberapa pintar atau hebat Anda, tanpa kemampuan mempromosikan diri, kemungkinan kesempatan emas untuk bekerja di perusahaan impian Anda akan diambil oleh orang lain.

Mempromosikan diri merupakan cara Anda menghargai, menilai, dan memberikan apresiasi pada diri sendiri. Tanpa memiliki penilaian yang baik terhadap diri sendiri, orang lain tentu tidak akan melihat potensi diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *