Cara Berbicara di Depan Umum untuk Pemula

Cara Berbicara di Depan Umum untuk Pemula – Orang memiliki sifat yang berbeda-beda. Banyak orang merasa tidak masalah berbicara di depan umum. Namun, ada juga kaum minoritas yang merasa berbicara di depan umum bukan sesuatu yang harus dilakukan. Paling tidak bagi mereka.

Meski banyak yang berpendapat demikian, berbicara di depan umum adalah sesuatu yang suatu saat pasti pernah dan harus dilakukan. Akan tetapi, seperti yang telah dijelaskan, ketidaksukaan membuat mereka tidak tahu cara berbicara di depan umum. Apakah Anda termasuk dalam ketagori tersebut?

Jika iya, maka mulailah mempelajari cara yang baik untuk melakukan public speaking. Siapa tahu, Anda justru bisa mencapai kesuksesan dengan menguasai kemampuan ini.

5 Cara Agar Kamu Bisa Berbicara di Depan Umum Halaman 1 - Kompasiana.com

7 Langkah untuk Menguasai Cara Berbicara di Depan Umum

Anda yang tidak suka berbicara di umum bukanlah satu-satunya, bahkan pemimpin dan tokoh terkenal dunia sebenarnya banyak yang tidak mau atau malu berbicara di depan umum. Akan tetapi, menjadi public figure berarti suatu saat harus tampil dan berbicara di depan umum. Bagaimana mereka menghadapi dilema tersebut? mereka mencari tahu dan mempelajari cara berbicara di depan umum.

1. Merencanakan jauh-jauh hari

Untuk mencegah kegagalan, rencana yang matang adalah salah satu kiat untuk menyempurnakan persiapan Anda ketika berbicara di depan umum. Bayangkan sosok Anda berbicara dengan lancar di depan umum dan audiens bisa mengerti apa yang Anda ingin sampaikan.

Cari bahan yang sesuai dan menarik minat Anda. jangan sampai Anda tidak mengerti dan tidak menyukai apa yang akan Anda bagi kepada orang lain. Kunci untuk melakukan suatu kegiatan dengan baik adalah dengan menyukai satu hal dari kegiatan tersebut. Tidak terkecuali berbicara di depan umum, paling tidak rencanakanlah topik yang menarik dan sesuai dengan keharusan dan kondisi.

 

2. Berlatih sesuai kemampuan

Banyak yang menyarankan agar Anda berlatih di depan cermin untuk melatih kemampuan Anda berbicara di depan umum. Cara ini adalah salah satu cara latihan yang efektif. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu atau privasi untuk melakukannya, melakukan image training pun bisa menjadi pilihan. Image training adalah berlatih membayangkan sosok Anda dalam suatu adegan yang menyenangkan.

Misalnya jika dalam sebuah lomba lari, Anda membayangkan bagaimana Anda berlari meninggalkan pesaing lain dan satu adegan lain, yaitu ketika Anda membawa piala kemenangan. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh juara-juara dunia.

Selain image training, Anda dapat melatih cara berbicara di depan umum dengan meminta tolong kepada satu atau dua orang menjadi penonton. Mintalah pendapat mereka, namun jangan sampai lebih dari 2 atau tiga kali, karena penilaian menjadi lebih sulit. Orang yang Anda mintai tolong bisa jadi merasa bosan.

 

3. Mencari bahan untuk bisa berinteraksi dengan audiens

Topik yang menarik dan sesuai dengan tema dan kondisi adalah keharusan. Selain itu, topik yang mendasar bisa menjadi menarik dengan cara berbicara di depan umum yang tepat. Jika memang tempat dan lingkungan Anda akan berbicara adalah lingkungan yang serius tapi santai, Anda bisa mencari bahan lelucon ringan sebagai intermezzo.

Bisa juga Anda menyajikannya diselingi dengan cerita yang masih berkaitan dengan topik namun tetap menarik. Ada banyak bahan yang bisa Anda dapatkan. Apakah melalui pengalaman dari orang lain, pengalaman sendiri, atau malah mencarinya di internet.

4. Pelajari bahasa tubuh sesuai keadaan

Keadaan dan lingkungan seperti apapun, bahasa tubuh Anda haruslah sesuai. Jika Anda tidak tahu menahu mengenai bahasa tubuh, maka Anda harus mulai mempelajarinya sekarang. Anda bisa mempelajarinya melalui internet.

Carilah cara berbicara di depan umum yang baik dengan mempelajari cara berbicara pada pembicara terkenal. Banyak teknik yang bisa dipelajari dari pembicara tersebut. masing-masing memiliki gaya yang berbeda-beda, dan Anda bisa memilih untuk mempelajari satu sebagai awalnya.

Setelahnya, jika merasa tidak cocok, Anda bisa beralih ke gaya lain. Lama kelamaan, ilmu public speaking tersebut akan membentuk karakter tersendiri yang nyaman untuk Anda lakukan. Jangan berhenti belajar, siapa tahu keahlian ini akan menguntungkan Anda.

 

5. Positive Thinking

Berpikir positif adalah kunci untuk menuju kesuksesan. Dengan berpikir positif, Anda pun bisa dengan tenang melakukan segala sesuatunya. Apapun yang Anda takutkan, jika takdir mengatakan hal tersebut maka hal tersebut yang akan terjadi dan Anda sekalipun tidak bisa mengubahnya.

Anda bisa juga berpikir harus melakukan yang terbaik demi suasana yang menyenangkan nantinya setelah Anda berbicara. Cara berbicara di depan umum ini tidak akan berhasil jika Anda tidak berpikir kalau Anda tidak bisa melakukannya. Maka, berpikirlah jika Anda pasti bisa.

 

6. Lampaui ketakutan Anda

Berpikir positif juga bisa menyingkirkan ketakutan Anda. Ketakutan dalam berbicara di depan umum adalah hal yang lumrah. Namun, tidak mengatasinya adalah kesalahan yang tidak boleh Anda lakukan. Jika Anda terus merasa takut sekalipun, tidak akan ada yang berubah.

Segalanya berubah jika Anda mau mengatasinya. Apapun yang terjadi Anda harus menguasai public speaking demi masa depan. Maka, atasilah rasa takut tersebut, baik dengan berpikir positif ataupun dengan cara lain.

Cara lain untuk mengatasi ketakutan adalah dengan memikirkan solusi untuk ketakutan tersebut. Misalnya, Anda takut tidak diperhatikan. Solusinya tentu saja melakukan apapun agar perhatian penonton beralih pada Anda. Jika suara Anda kurang keras, maka lantangkan suara Anda.

Jika Anda takut topik Anda membosankan bagi penonton, maka carilah penyampaian yang menarik atau mengubah topik menjadi lebih relevan. Jika dengan memikirkan semua kemungkinan satu persatu dan menemukan solusinya Anda bisa merasa tenang, maka lakukan saja. dan Anda pun bisa berbicara di depan umum dengan perasaan tenang.

 

7. Pelajari kesalahan di masa lalu

Setelah sukses melakukan cara berbicara di depan umum yang baik dan benar, ada kemungkinan Anda akan diminta untuk berbicara untuk kedua kalinya. Bahkan ketika Anda merasa tidak menjadi pembicara yang baik, di masa depan Anda harus bisa melakukan presentasi atau menjadi pembicara. Maka, pelajarilah usaha pertama Anda tersebut. caranya bisa dengan merekam dan mempelajarinya.

Apakah cara berbicara Anda sudah benar? Apakah gerak dan bahasa tubuh Anda sesuai dengan keadaan? Dan apakah audiens memperhatikan Anda? jika iya, mengapa? Dan jika tidak, apa alasannya?

Perhatikan hal-hal sampai ke tingkat yang cukup mendetail. Ke depannya, Anda pun bisa melakukan yang lebih baik. dengan melakukan public speaking yang lebih baik, ke depannya Anda bisa melakukan banyak hal. Apakah itu melakukan presentasi atau membagi ilmu dengan cara yang menyenangkan di hadapan banyak orang.

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara berbicara di depan umum. Memang hal ini tidak bisa dipelajari dalam semalam jika Anda bukanlah orang yang suka berbicara di depan umum. Namun, Anda bisa berusaha dan merencanakan semuanya dengan baik, agar penonton Anda bisa memetik manfaat dari cara Anda menyampaikan topik pembicaraan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *