Analisis Usaha Bengkel Sepeda Motor dan Cara Membukanya

Analisis Usaha Bengkel Sepeda Motor Dan Cara Membukanya – Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak dipergunakan orang saat ini. Anda akan menyaksikan ribuan sepeda motor di jalan raya. Penggunaan sepeda motor yang sangat besar ini tak terlepas dari kendaraan transportasi ini sangat irit biaya dan harga yang terjangkau. Seseorang bisa dengan mudah membeli sepeda motor baru maupun bekas secara tunai maupun kredit.

Negara Indonesia merupakan pangsa pasar yang sangat besar dari bisnis otomotif sepeda motor. Diperkirakan setiap tahun penjualan sepeda motor mencapai dua juta unit. Dan penjualan sepeda motor di tanah air terus mengalami peningkatan yang signifikan. Inilah yang membuat tak aneh jika lebih banyak berseliweran sepeda motor di jalan raya ketimbang mobil.

Selain itu, membeli alat transportasi sepeda motor tak memerlukan garasi luas. Anda bisa menyimpan dan memarkirkan sepeda motor di dalam rumah dan dapat memasuki jalan kecil.

Sebaliknya jika anda membeli mobil maka anda membutuhkan garasi luas dan biaya operasional lebih tinggi ketimbang sepeda motor. Alasan inilah yang membuat orang tertarik menggunakan sepeda motor dibandingkan mobil.

Dengan jumlah sepeda motor yang banyak di masyarakat ini membuat muncul peluang usaha baru yang sangat menjanjikan. Tentu saja peluang bisnis berkaitan dengan sepeda motor yaitu usaha cuci motor, usaha pencucian helm, usaha tambal ban dan tambah angin, usaha jualan bensin eceran atau Pom Bensin Mini, usaha polet bodi motor, dan usaha bengkel sepeda motor.

Analisa, Keuntungan dan Rincian Biaya Modal Usaha Bengkel Motor - Kader Bisnis

Analisis Usaha Bengkel Sepeda Motor

Yang menjadi pembahasan kali ini adalah usaha bengkel sepeda motor yang sedang naik daun. Jenis usaha ini sudah marak di beberapa kota besar sampai pelosok pedesaan terpencil. Dan potensi keuntungan lumayan besar seiring dengan banyaknya pengguna sepeda motor di Indonesia. Hampir setiap orang mempunyai sepeda motor satu atau dua.

Jika anda sedang mencari peluang usaha terbaik maka bisnis bengkel sepeda motor perlu diperhitungkan. Dengan alasan jumlah pengguna sepeda motor yang banyak di tanah air. Dari  tingkat kota sampai desa sudah banyak pengguna sepeda motor. Sehingga pangsa pasar sangat besar dari bisnis bengkel sepeda motor.

Namun sebelum memulai usaha bengkel sepeda motor ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan pelajari. Supaya usaha bengkel sepeda motor tidak berjalan di tengah jalan atau bahkan bangkrut.

 

Persaingan Bisnis Bengkel Sepeda Motor

Persaingan usaha bengkel sepeda motor saat ini sangat ketat. Anda bisa menjumpai beberapa usaha bengkel sepeda motor dalam satu wilayah. Hal itu sah-sah saja. Karena yang namanya dunia bisnis dan usaha tak bisa dilepaskan dari persaingan. Yang penting anda siap bersaing sehat dengan kompetitor dengan memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen.

Untuk meminimalkan resiko kerugian akibat persaingan maka anda dapat membuka usaha bengkel sepeda motor di daerah yang masih jarang pesaing. Untuk menentukan suatu tempat layak tidaknya dibuka usaha bengkel sepeda motor sangat mudah. Anda bisa melakukan survey pasar.

Apakah di wilayah tersebut usaha bengkel sepeda motor banyak konsumen atau tidak? Kalau banyak maka membuka usaha bengkel sepeda motor di tempat itu sangat menjanjikan. Asalkan anda siap bersaing sehat dengan memberikan pelayanan yang lebih baik.

 

Cara  Membuka Usaha Bengkel Sepeda Motor

Berikut ini cara membuka usaha bengkel sepeda motor dari awal sampai beroperasi, antara lain:

1.Rencanakan dengan matang

Sebuah petuah bijak berkata : “Jika sobat tak merencanakan sebuah usaha maka anda sudah merencanakan untuk gagal”. Pendek kata, sebelum memutuskan untuk menekuni bisnis bengkel sepeda motor maka anda harus merencanakan dengan matang. Anda bisa bertanya sebab kenapa memilih jenis bisnis ini? Berapa keuntungan yang bisa didapatkan? Berapa modal usaha yang dibutuhkan? Seberapa banyak pangsa pasar di wilayah tersebut?

2.Memilih model

Berdasarkan pengamatan penulis, di lapangan terdapat berbagai macam jenis dan model usaha bengkel sepeda motor. Ada toko yang khusus menjual suku cadang sepeda motor. Dan ada pula bengkel yang khusus memperbaiki sepeda motor merk tertentu. Lalu ada juga yang menerima jasa perbaikan sepeda motor semua merk dan sistem.

Anda dapat memilih model bengkel sepeda motor sesuai selera dan kehendak anda. Dengan mempertimbangkan kemampuan, sumber daya manusia, keuangan dan keterampilan anda. Misalkan anda membuka usaha bengkel sepeda motor sistem franchise atau waralaba. Seperti AHASS. Namun kalau modal keuangan tak memungkinkan maka anda bisa memilih usaha bengkel sepeda motor model mandiri.

3.Persiapan modal usaha

Usaha bengkel sepeda motor membutuhkan modal awal yang cukup besar. Seperti untuk pembelian peralatan perbengkelan, suku cadang, meja, kursi, etalase, biaya upah montir, lemari, biaya sewa lokasi usaha dan lain sebagainya. Untuk modal usaha bengkel sepeda motor sistem franchise dibutuhkan modal awal sebesar ratusan juta rupiah. Sedangkan untuk usaha bengkel sepeda motor mandiri membutuhkan modal awal dikisaran puluhan juta rupiah.

4. Pelayanan memuaskan

Apa sih yang dimaksud dengan pelayanan yang memuaskan? Pelayanan yang diberikan membuat konsumen puas sehingga konsumen menjadi pelanggan setia. Misalkan dikarenakan harga yang lebih murah, barang yang lebih komplit, ramah terhadap konsumen, montir yang lebih ahli dan berpengalaman, pelayanan yang cepat dan bersih dan lain sebagainya. Dengan memberikan layanan yang lebih baik dari pesaing akan membuat konsumen lebih tertarik mengunjungi usaha bengkel sepeda motor anda ketimbang yang lain.

5. Desain bengkel Sepeda motor

Salah satu hal yang tak boleh diabaikan adalah mendesain usaha bengkel sepeda motor secara internal maupun eksternal. Misalkan menyusun lemari, meja dan kursi supaya dapat nyaman dan betah bagi konsumen. Selain itu, bagi montir pastikan peralatan perbengkelan mudah dijangkau serta terlihat rapi dan menarik.

6. Tingkatkan laba

Untuk meningkatkan keuntungan usaha bengkel sepeda motor dapat dilakukan dengan membuka usaha yang masih berkaitan dengan sepeda motor. Seperti usaha pencucian motor, usaha tambal ban, usaha tambah angin, usaha penjualan sepeda motor baru atau bekas, bisnis modifikasi dan polet motor, dan usaha aksesoris dan suku cadang sepeda motor.  Atau kalau memungkinkan anda bisa membuka usaha kantin makanan dan minuman ringan disamping gerai usaha bengkel sepeda motor.

Dengan banyaknya jenis usaha yang berkaitan dengan sepeda motor maka bisnis bengkel sepeda motor anda akan mampu menarik lebih banyak konsumen dan pelanggan. Karena terlihat lebih lengkap dan konsumen tak perlu pergi ke tempat lain untuk membeli kebutuhan lain terhadap perbaikan sepeda motornya.

Usaha bengkel sepeda motor ini sangat cocok dilakukan oleh orang yang terampil dan hobi dalam service sepeda motor. Namun demikian, anda yang tidak mempunyai keterampilan dalam reparasi sepeda motor tetap dapat menjalankan bisnis ini. Dengan cara bekerja sama dengan orang yang ahli dalam perbaikan sepeda motor. Tawarkan sistem kerja sama bagi hasil atau gaji sesuai kesepakatan bersama.

7. Menentukan lokasi strategis

Untuk memaksimalkan keuntungan dari bisnis bengkel sepeda motor maka anda bisa membuka usaha ini di tempat strategis. Seperti di tempat yang banyak kerumunan orang, banyak dilalui sepeda motor, dekat perumahan padat penduduk, dekat perkantoran, dekat toko penjualan suku cadang sepeda motor, sekitar pom bensin mini, pinggir jalan utama yang ramai, dekat pasar dan tempat strategis yang lain.

Untuk mendapatkan lokasi usaha bengkel yang strategis itu bisa dengan cara menyewa tempat bulanan atau pertahun. Atau kalau anda mempunyai rumah di tempat strategis. Seperti di pinggir jalan raya utama maka anda dapat membuka usaha bengkel sepeda motor semua merk di halaman rumah anda.

Demikianlah analisis usaha bengkel sepeda motor dan cara membukanya. Apabila anda mengalami kesulitan maka anda bisa meniru bengkel sepeda motor di daerah anda yang telah sukses. Dari segi desain maupun pelayanan. Dengan melihat bagaimana cara desain interior di dalam maupun di luar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *