Adakah Usaha Modal 10 Juta yang Menguntungkan?

Adakah Usaha Modal 10 Juta yang Menguntungkan? – Siapa bilang memulai usaha harus dengan modal puluhan atau ratusan juta? Hanya dengan uang 10 juta pun, Anda sudah bisa memulai usaha yang menawarkan keuntungan sangat besar.

Seperti yang diketahui bahwa menjadi karyawan atau pegawai biasa saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi jika gaji atau penghasilan yang selama ini diperoleh jauh dari jumlah pengeluaran setiap bulannya.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah keuangan tersebut adalah dengan memulai bisnis sampingan. Atau bisa jadi saat bisnis ini menuai kesuksesan besar, Anda bisa melepas status sebagai karyawan dan mulai meniti karir sebagai pengusaha.

Karena memang, menjadi pengusaha yang sukses harus benar-benar total dan sangat sulit jika dilakukan setengah-setengah. Sebagai pemula, menggunakan modal kecil tentu menjadi cara terbaik untuk meminimalisir risiko kerugian yang mungkin saja terjadi.

Saat ini, ada banyak sekali usaha yang bisa dilakukan dengan modal yang minim. Bahkan modal yang diperlukan tidak lebih dari angka Rp 10 juta. Berikut ini adalah daftar usaha modal 10 juta yang bisa dijadikan sebagai referensi usaha Anda.

15 Usaha dan Investasi Untuk Kamu Cuma Modal Rp10 Juta

Daftar Usaha Modal 10 Juta yang Bisa Dijadikan Sebagai Referensi

1.     Bisnis katering

Usaha modal 10 juta yang pertama adalah bisnis katering. Bisnis ini sangat disukai oleh para ibu-ibu karena menawarkan keuntungan yang sangat menjanjikan. Cukup dengan pintar memasak dan memiliki kemampuan dalam memasarkan dan mempromosikan aneka masakan yang dibuat, maka jangan kaget jika Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dari bisnis ini.

Jangan terpaku untuk menunggu event besar, Anda harus menerapkan prinsip menjemput bola yaitu dengan cara menawarkan jasa katering langsung ke perkantoran, rumah sakit, dan tempat lainnya. Ada baiknya jika Anda melakukan pemasaran juga kepada orang-orang sekitar anda, tentunya dari yang paling dekat terlebih dahulu seperti teman, tetangga, dan keluarga.

Biasanya budget yang harus disiapkan untuk memulai usaha ini juga tidak melebihi 10 juta. Karena Anda hanya perlu menyiapkan peralatan masak, yang tentunya rata-rata sudah tersedia di dapur, dan perlengkapan lainnya seperti : dus/box nasi, bahan masakan, dan tenaga tambahan untuk membantu Anda menyiapkan semua pesanan masakan.

 

2.     Bisnis tas rumahan

Usaha modal 10 juta selanjutnya adalah bisnis tas rumahan. Mengingat perkembangan fashion yang selalu berkembang, maka wajar saja jika bisnis tas rumahan mampu memberikan keuntungan yang besar juga. Karena pada dasarnya, tas adalah salah satu perlengkapan fashion yang akan selalu dibutuhkan masyarakat khususnya kaum hawa, seiring dengan perkembangan fashion. Sebelum menggunakan modal untuk memproduksi atau menyediakan tas untuk dijual, Anda harus mempertimbangkan kondisi pasar saat ini.

Pastikan jika Anda menjual tas yang sedang menjadi trend saat ini. Agar risiko kerugian bisa diminimalisir, sebaiknya jangan langsung menjual tas dalam jumlah yang banyak. Pasalnya, dunia fashion sangat cepat berubah. Jadi jangan sampai tas yang hits saat ini tidak laku lagi beberapa bulan ke depan. Untuk menyukseskan usaha modal 10 juta ini, Anda harus rajin dan giat melakukan promosi baik secara offline maupun online.

 

3.    Jualan Cokelat

Usaha modal 10 juta adalah dengan berjualan coklat. Seperti yang diketahui bahwa hampir semua orang menyukai coklat, khususnya anak muda. Hal ini tentunya bisa menjadi peluang tersendiri untuk Anda yang ingin memulai suatu bisnis. Buatlah coklat dengan varian rasa yang berbeda dan unik seperti coklat rasa mangga, coklat rasa strawberry, coklat susu, coklat Oreo dan lain sebagainya.

Tentunya untuk cara membuat cokla, anda tidak perlu bingung karena sekarang sudah banyak resep dan cara membuat coklat yang dapat anda dapatkan melalui internet atau buku-buku. Tentunya dengan marketing dan promosi yang baik, maka bisnis coklat ini tentunya akan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan bagi Anda walaupun dengan modal yang tergolong kecil tidak lebih dari 10 juta.

 

4.   Seblak Basah

Seblak basah adalah panganan ringan yang saat ini sedang booming di pasaran. Makanan ini sangat cocok untuk lidah masyarakat Indonesia yang umumnya menyukai makanan pedas. Faktanya, bisnis seblak basah tidak membutuhkan modal yang besar.

Meskipun demikian, keuntungan yang dihasilkan sangatlah menggiurkan, dengan modal 10 juta kurang anda sudah dapat memulai bisnis ini. Modal yang kecil inilah yang membuat banyak orang yang mulai melirik bisnis panganan ringan ini.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat seblak juga sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau mulai dari sosis siomay, kerupuk, macaroni, baso, dan lain sebagainya. Anda bisa menarik perhatian konsumen dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan konsumen.

Target bisnis makanan ini adalah masyarakat yang suka rasa pedas. Anda bisa menjual seblak secara langsung atau membayar orang untuk menjualnya di tempat-tempat yang ramai seperti sekolahan, depan perkantoran swasta, dinas, rumah sakit, minimarket dan lain sebagainya.

 

5.     Bisnis hijab

Bisa dilihat sekarang ini bahwa sudah banyak wanita Indonesia yang mengenakan hijab dalam kesehariannya. Hal ini tentunya menjadi peluang besar untuk Anda yang ingin memulai usaha modal 10 juta. Kunci utama dalam keberhasilan bisnis ini adalah selera fashion Anda yang tinggi. Dimana Anda bisa melihat peluang hijab apa saja yang sedang hits dan banyak digandrungi oleh kaum hawa sekarang ini.

Dikombinasikan dengan kegiatan promosi yang tepat dan pemilihan lokasi toko hijab yang strategis, maka dijamin bisnis Anda ini tidak akan pernah surut atau sepi pembeli. Sebenarnya, membuat hijab tidaklah sulit karena Anda hanya perlu menyediakan kain beberapa meter yang kemudian dipotong dengan ukuran yang presisi sampai selanjutnya di jahit sederhana agar terlihat rapi.

6.     Menjadi reseller

Bisnis menguntungkan lain yang hanya membutuhkan modal tidak lebih dari 10 juta selanjutnya adalah menjadi reseller. Bisnis ini sangat menarik karena Anda bisa melakukannya sebagai bisnis sampingan. Kenapa? Karena Anda hanya perlu menyediakan sejumlah produk yang dipesan oleh pembeli dari produsennya secara langsung. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mengurusi kegiatan produksi.

Cukup menyediakan barang, melakukan pemasaran dan menangani penjualan. Agar produk yang sudah dibeli laris manis di pasaran, tentu Anda harus bisa membaca kebutuhan pasar terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus pintar dalam membidik target pasar sehingga barang yang dibeli bisa laku terjual.

 

7.   Pizza rumahan

Usaha modal 10 juta selanjutnya adalah bisnis pizza rumahan. Seperti yang diketahui bahwa tidak setiap kota menyediakan restoran khusus yang benar-benar hanya menyajikan pizza. Dan tidak semua orang juga bisa membeli pizza mahal di restoran.

Oleh karena itu, Anda bisa memberikan pilihan lain kepada masyarakat yang ingin menikmati pizza lezat dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan pizza yang dijual dengan nama brand terkenal pada umumnya.

Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga tidak mahal. Cukup dengan menyediakan loyang, bahan baku roti, oven, kompor, saus, dan bahan masakan lain maka Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Manfaatkanlah media sosial dan media online untuk memasarkan pizza rumahan buatan Anda.

Buat pizza hanya berdasarkan pemesanan agar tidak ada pizza yang terbuang percuma. Layanan delivery order juga bisa menjadi cara terbaik agar Anda bisa mendapatkan banyak konsumen. Jika bisnis pizza rumahan ini berjalan lancar, maka tidak ada salahnya jika Anda membuka kedai kecil untuk menjual pizza buatan Anda secara langsung.

 

Bagaimana? Ada banyak sekali usaha modal 10 juta yang bisa dicoba bukan? Sekian ulasan kali ini, semoga beberapa bisnis di atas bisa menjadi referensi usaha untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *