9 Jenis Motivasi Kerja sebagai Penyemangat Karyawan

9 Jenis Motivasi Kerja sebagai Penyemangat Karyawan – Apakah Anda seorang karyawan? Jika iya, Anda tentunya memiliki beberapa motivasi kerja untuk menunjang aktifitas kerja agar semakin ringan. Memang setiap pekerjaan membutuhkan motivasi karena motivasi sendiri merupakan sebuah prinsip dari tujuan bekerja seseorang.

4 Cara Kreatif Kelola Motivasi & Produktivitas Kerja | | HR NOTE Indonesia

Pada umumnya setiap karyawan pastinya memiliki motivasi kerja yang berbeda-beda. Namun, jika seseorang mampu untuk menggali motivasi terbesar dalam bekerja pasti akan menjamin semangat yang tinggi dalam bekerja. Semangat bekerja memang sangat penting ditanamkan dalam diri seseorang karena dengan semangat akan membuat semua pekerjaan yang dijalankan terasa sangat menyenangkan dan ringan.

Namun, jika seorang pekerja tidak memiliki motivasi untuk dijadikan penyemangat kerja maka pekerjaan yang dijalankan akan terasa berat dan membebani pikiran.

Motivasi tentu selalu dicari bagi seorang pekerja atau karyawan untuk dijadikan penyemangat semua kegiatan dalam sehari-hari. Jika diibaratkan, motivasi bagaikan oli pada kendaraan bermotor yang dapat menjadikan lancarnya kerja mesin pada kendaraan.

Demikian juga dengan karyawan perusahaan juga membutuhkan motivasi untuk menunjang suatu pekerjaan yang dijalani dengan semangat tinggi. Sebenarnya memotivasi diri sendiri itu adalah hal yang mudah, misalnya membuat motivasi penyemangat dengan cara melakukan hal-hal yang disukai.

Melakukan suatu pekerjaan dengan hati senang akan membuat semua pekerjaan yang dilakukan terasa lebih ringan. Hal paling utama yang dapat menjadi motivasi penyemangat dalam bekerja adalah masalah hati.

Bayangkan jika hati terasa tenang, damai dan bahagia semua kegiatan apapun itu akan terasa menyenangkan, namun jika hati sedang dalam masalah serius baik itu rasa kecewa, patah hati, sakit hati dan masalah lainnya yang membuat hati dan pikiran menjadi kacau tentu saja semangat melakukan pekerjaan tidak akan jalan sangat menurun dan akhirnya dapat mengganggu suatu pekerjaan.

Maka dari itu, jauhkan hati dari masalah-masalah yang dapat mengganggu pikiran dan akhirnya akan menurunkan motivasi semangat kerja. Motivasi penyemangat kerja harus tetap dijaga dengan baik apapun jenis motivasi itu sendiri. Berikut merupakan beberapa motivasi kerja yang dimiliki oleh sebagian karyawan sebagai penunjang penyemangat kerja.

9 Macam Motivasi Kerja sebagai Penyemangat Karyawan

  1. Motivasi terjamin secara finansial dengan gaji bulanan

Ini adalah salah satu motivasi kerja yang paling banyak diterapkan untuk memotivasi dan memberikan semangat dalam pekerjaan. Mendapatkan gaji setiap bulan tentu memberikan rasa bangga tersendiri. Karena prinsip dari kebahagian dalam hidup salah satunya adalah financial. Fasilitas dalam mempermudah kehidupan hampir 80% didapatkan dari uang. Dengan begitu, gaji bulanan akan membantu memenuhi kebutuhan hidup dari kebutuhan sekunder, primer hingga kebutuhan tersier.

Jenis motivasi ini akan membuat Anda semakin semangat dalam bekerja ketika mendapatkan uang imbalan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

 

  1. Motivasi ingin memiliki jabatan yang didambakan dalam karir

Motiviasi jenis ini sangat berguna bagi perbaikan pekerja karyawan, karena karyawan dengan motivasi ini akan mendedikasikan setiap pekerjaan dengan bekerja dan mengeksplor lebih dari 100% kemampuan yang dimiliki. Dengan motivasi ini mereka harus menjadi individu yang lebih baik dan senantiasa meningkatkan kemampuan dan skill yang sudah dimiliki untuk mendukung kariernya. Tanpa sadar, dengan memiliki motivasi ini sama saja bersaing dengan sesama rekan kerja, akan menjadi yang terbaik di antaran teman-teman kantor, memiliki ide-ide terbaik dan akhirnya akan menjadi karyawan unggul dari segi apapun. Dengan motivasi ini berguna untuk meningkatkan produktifitas dalam pekerjaan di perusahaan tersebut.

 

  1. Motivasi untuk memberikan kemampuan terbaik

Karyawan yang memiliki motivasi ini akan memberikan kemampuan terbaiknya dan karya terbaik dalam pekerjaannya. Bukan gaji dan karier yang menjadi hal utama, namun jenis motivasi ini akan mendalami makna dari pekerjaan yang dijalani. Motivasi ini akan mendukung karyawan untuk bertanggung jawab dalam setiap pekerjaan yang dikerjakan. Ini merupakan salah satu jenis motivasi yang sangat jarang dimiliki oleh karyawan.

 

  1. Motivasi belajar dan mencari pengalaman baru

Motivasi belajar yang tinggi dan mendapatkan pengalaman merupakan salah satu motivasi yang berguna bagi seorang karyawan. Biasanya karyawan yang memiliki motivasi ini memiliki pemikiran jangka panjang yang komplek, misalnya ingin belajar menjadi karyawan sebelum membangun sebuah perusahaan atau belajar bagaimana sebuah perusahaan dapat sukses. Dan untuk mencari pengalaman biasanya dijadikan motivasi bagi mereka yang baru lulus dan baru bekerja. Dengan pengalaman yang didapat para karyawan akan memiliki kelebihan ketika mereka mencari pekerjaan yang lebih baik.

 

  1. Motivasi dengan menjadikan pekerjaan sebagai hoby

Jika semua pekerjaan yang dijalani dianggap sebagai hoby maka akan memudahkan dan meringankan pekerjaan itu sendiri. Motivasi karena hoby akan membuat Anda mendapatkan semangat tinggi dalam bekerja. Karena melakukan pekerjaan sebagai hoby sama saja melakukan pekerjaan dengan rasa cinta sehingga sesulit apapun pekerjaan akan terasa mudah dan menyenangkan. Terapkan motivasi ini bagi Anda seorang karyawan atau pekerja lainnya untuk menunjang semangat bekerja. Jangan bekerja jika hanya untuk mencari uang atau melakukan kewajibannya saja, karena hal itu dapat menyebabkan pekerjaan terasa berat dan tidak akan menyenangkan.

 

  1. Motivasi untuk keluarga di rumah

Bagi para karyawan atau pekerja yang sudah berkeluarga, motivasi ini sangat penting digunakan. Karena kenyataannya bagi yang sudah memiliki keluarga, motivasi untuk menghidupi keluarga menjadi hal yang utama. Dengan memikirkan keluarga dirumah dapat membuat motivasi bekerja meningkat. Bekerja dengan penuh semangat ketika menemukan titik kejenuhan selalu ingat bahwa keluarga adalah suatu alasan untuk bekerja. Buktikan bahwa Anda adalah seorang yang bertanggung jawab pada keluarga dengan hasil kerja keras Anda. Jika bagi Anda yang belum berkeluarga maka fikirkan bahwa orang tua adalah alasan dan semangat dalam bekerja.

 

  1. Motivasi untuk bekerja karena ibadah

Bekerja untuk mendapatkan jabatan, gaji dan pengalaman adalah alasan kesekian bagi orang bekerja namun alasan utama dalam bekerja adalah ibadah. Bagi seseorang yang memiliki motivasi ini tidak terlalu memikirkan jabatan karier atau gaji yang tinggi, namun selama itu halal maka akan lebih diutamakan.

 

  1. Motivasi untuk selalu memikirkan cita-cita terbesar dalam hidup

Motivasi ini berguna untuk selalu mengingat tanggung jawab pada masa depan. Bekerja merupakan salah satu jalan meriah cita-cita dan tujuan dalam kehidupan. Terlepas dari itu, tujuan dan cita-cita seseorang dalam bekerja adalah menghasilkan uang kemudian uang akan mendukung apa yang seseorang cita-citakan.

 

  1. Motivasi untuk menghindari hal yang dapat merusak semangat bekerja

Untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak semangat kerja adalah hal yang perlu dilakukan. Bagi semua pekerja atau karyawan harus memiliki motivasi ini agar semangat bekerja tetap terjaga. Carilah hal yang membuat semangat kerja dapat menurun, dengan begitu carilah solusi agar hal itu tidak menjadi masalah dalam pekerjaan Anda.

 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai motivasi kerja seorang karyawan, kiranya ini memberikan wawasan lebih kepada Anda yang bekerja sebagai karyawan untuk tetap semangat beraktifitas dalam pekerjaan anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.