9 Contoh Pertanyaan Interview dan Jawaban Interview yang Harus Anda Ketahui

9 Contoh Pertanyaan Interview dan Jawaban Interview yang Harus Anda Ketahui – Setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Salah satu tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkannya adalah interview. Tak heran jika banyak orang yang mencari tahu tentang Contoh pertanyaan dan jawaban interview. Perusahaan melakukan interview untuk menilai karakter dan sifat dari kandidat pegawainya.

Hal ini tentu saja karena mereka tidak mau rugi dan salah dalam proses perekrutan karyawannya. Biasanya, proses perekrutan ini dilakukan oleh divisi HRD. Dimana divisi ini akan menyelenggarakan beberapa tahapan seleksi untuk para calon karyawan. Kenyataannya, pertanyaan yang diajukan oleh pihak HRD dari berbagai perusahaan kurang lebih sama. Apa saja pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pihak HRD bagi calon karyawannya? Ini dia ulasan lengkapnya.

19 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Plus Arti dan Contoh Jawabannya – Mamikos Info

9 Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview yang Sering Dilontarkan

1. Jelaskan diri Anda

Contoh pertanyaan dan jawaban interview yang pertama adalah tentang diri Anda. Pihak HRD biasanya akan memulai pertanyaan tentang siapa diri Anda sebenarnya. Jika Anda ditanya pertanyaan tersebut, maka jawablah dengan jelas, ringkas tapi fokus pada intinya. Berikan penjelasan kepada HRD tentang pengalaman Anda selama ini. Jika sebelumnya Anda pernah bekerja di tempat lain maka ceritakan job desk Anda di perusahaan sebelumnya. Hubungkan antara posisi yang Anda lamar dengan passion atau skill yang Anda miliki saat ini. Dari jawaban yang diberikan tersebut, maka pihak HRD akan mengetahui karakter, pengetahuan dan kemampuan Anda.

 

2. Alasan Anda ingin bekerja di perusahaan tersebut

Hampir semua HRD pasti bertanya kenapa Anda ingin bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Jika Anda ditanya pertanyaan tersebut, maka jawablah sebijak mungkin. Jangan beralasan bahwa gajinya besar saja. Karena pada dasarnya, manusia bekerja memang untuk mencari uang. Jawab saja bahwa Anda ingin lebih produktif karena pekerjaan yang dilamar sesuai dengan passion dan kemampuan Anda. Selain jawaban itu, Anda juga bisa menggunakan jawaban lainnya seperti Anda suka dengan manajemen yang diterapkan, budaya kerjanya yang bagus, dan lain sebagainya. Jawab sejujur mungkin tapi jangan membahas uang.

 

3. Alasan kenapa harus memilih Anda

Contoh pertanyaan dan jawaban interview selanjutnya adalah alasan kenapa perusahaan tersebut harus memilih Anda. Hal ini tentu saja berkaitan dengan kualifikasi Anda, kenapa layak untuk mendapatkan posisi tersebut. Pertanyaan ini pada dasarnya sangat menjebak. Karena kebanyakan pelamar pasti akan melebih-lebihkan kemampuan dan skillnya kepada pihak HRD. Meskipun memang benar, Anda harus menunjukkan bahwa Anda layak mendapatkan posisi tersebut tapi perlu diingat bahwa tindakan yang berlebihan akan membuat HRD tidak menyukai Anda. Karena biasanya, HRD diisi oleh orang yang memiliki pengalaman tinggi dalam merekrut orang. Dilain sisi, kebanyakan dari mereka berasal dari jurusan psikologi sehingga sangat mungkin jika mereka menyadari bahwa Anda sedang mengatakan sesuatu dengan berlebih-lebihan. Meskipun Anda sedang membicarakan kelebihan, jangan sampai terlontar dari mulut Anda tentang merendahkan skill atau kemampuan orang lain. Karena jawaban tersebut akan membuat Anda langsung dicoret dari daftar HRD.

 

4. Pertanyaan balik

Contoh pertanyaan dan jawaban interview yang sering dilontarkan selanjutnya adalah apakah Anda memiliki pertanyaan kepada pihak HRD atau perusahaan? Jika memang ada pertanyaan itu, maka sebaiknya jawablah bahwa Anda memiliki beberapa pertanyaan. Sebelum interview, persiapkan pertanyaan apa yang akan Anda berikan kepada HRD. Dengan begitu, Anda tidak akan bingung akan menanyakan apa nantinya. Perlu diketahui bahan pertanyaan seperti ini pada dasarnya menjebak. Dengan memberikan pertanyaan balik, maka Anda akan terlihat antusias dalam melaksanakan interview tersebut.

 

5. Pengalaman terkait dengan posisi yang dilamar

Contoh pertanyaan dan jawaban interview yang kelima adalah tentang pengalaman Anda yang berkaitan dengan posisi yang akan dilamar. Jawab seringkas dan sespesifik mungkin tentang keahlian atau kemampuan Anda yang sesuai dengan posisi yang diinginkan.

 

6. Keunggulan Anda

Pertanyaan yang sering dimunculkan saat interview selanjutnya adalah tentang keunggulan Anda. Untuk pertanyaan ini, jawablah sejujur mungkin sesuai dengan bidang yang Anda lamar. Jangan sampai Anda menjelaskan kemampuan yang pada dasarnya tidak sesuai dengan bidang yang dilamar. Jadi, beri penjelasan tentang keunggulan Anda yang membuat diri Anda layak untuk mendapatkan posisi atau pekerjaan tersebut.

 

7. Kelemahan Terbesar Anda

Contoh pertanyaan dan jawaban interview menjebak selanjutnya adalah tentang kelemahan terbesar Anda. Hal ini sangat membingungkan karena Anda tidak mungkin menjawab bahwa Anda tidak memiliki kelemahan apapun. Sebab jawaban tersebut akan menunjukkan bahwa diri Anda suka berbohong dalam melakukan sesuatu. Kalaupun dijelaskan apa kelemahan yang dimiliki, bisa jadi kelemahan tersebut justru menjadi penyebab Anda tidak diterima oleh pihak HRD. Lantas, jawaban seperti apa yang harus diberikan jika diajukan pertanyaan tersebut? Jawablah kelemahan yang menguntungkan perusahaan. Misalnya, kelemahan saya adalah tidak bisa menunda-nunda pekerjaan sehingga biasanya pekerjaan yang saya lakukan akan cepat selesai sesuai dengan waktunya.

 

8. Pengetahuan Anda tentang perusahaan

Contoh pertanyaan dan jawaban interview selanjutnya adalah pengetahuan Anda terkait dengan perusahaan yang dilamar. Untuk bisa menjawab pertanyaan ini dengan baik dan benar, maka Anda harus menggali informasi terlebih dahulu terkait dengan perusahaan yang dilamar. Informasi yang harus Anda ketahui beberapa diantaranya adalah tahun didirikannya perusahaan, bidang yang digeluti perusahaan, dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda menjawab bahwa tidak memiliki apapun tentang perusahaan. Karena jika seperti itu, pihak HRD tidak akan basa basi untuk menghapus Anda dari daftar calon karyawan.

 

9. Gaji yang diinginkan

Pertanyaan selanjutnya adalah tentang gaji yang diinginkan. Sebagai pegawai baru, pertanyaan ini memang mampu membuat para pencari kerja kebingungan. Pasalnya gaji adalah hal yang cukup sensitifUntuk bisa menaksir berapa sekiranya gaji yang Anda inginkan, maka cobalah mencari tahu terlebih dahulu tentang pekerjaan Anda dan berapa kisaran gaji yang umum didapatkan oleh bidang tersebut. Disamping itu, perkirakan pula gaji yang diinginkan sekaligus dengan tunjangan apa saja yang diberikan.

 

Dengan begitu, maka Anda bisa menaksir berapa sekiranya gaji yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menghitung berapa pengeluaran Anda setiap bulannya mulai dari membayar uang sewa rumah atau kos, makan, dan lain sebagainya. Jangan sampai nominal gaji yang Anda lontarkan tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda tiap bulannya.

 

Di atas tadi merupakan beberapa contoh pertanyaan yang sering diajukan saat interview. Berhati-hatilah dalam menjawab setiap pertanyaan dari HRD saat wawancara kerja. Jawab semua pertanyaan dengan hati dan pikiran yang positif dan jernih. Jangan lupa untuk mempersiapkan jawaban Anda sebelum melaksanakan interview. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang hendak dituju. Dengan begitu, Anda akan terlihat antusias dan serius dalam melakukan tahapan wawancara untuk mendapatkan posisi atau pekerjaan yang diinginkan. Demikianlah ulasan mengenai Contoh pertanyaan dan jawaban interview, semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *