5 Contoh Alasan Melamar Pekerjaan yang Baik

5 Contoh Alasan Melamar Pekerjaan yang Baik – Menjalani sesi interview lowongan kerja untuk sebagian besarorang tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipersiapkan dalam menjalani interview masuk kerja tersebut. Dibutuhkan pengertian, pemahaman dan tentu akurasi yang baik dalam menjawab setiap pertanyaan interview kerja, sebagai contoh misalnya mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan alasan melamar pekerjaan yang tentu harus disampaikan dengan baik.

Jangan Asal Apply! Ikuti 7 Tips Melamar Kerja Via Online Ini

Dalam proses seleksi, banyak perusahaan besar menerapkan metode wawancara dengan menanyai kandidatnya secara langsung. Rasanya hanya sedikit perusahaan yang tidak lagi menggunakan metode ini, perusahaan kecil mungkin masih dengan alasan memangkas waktu.

Tetapi jika Anda dihadapkan pada situasi menghadiri sebuah sesi wawancara lowongan kerja, yang perlu dan wajib Anda persiapkan adalah jawaban yang tepat untuk sederet pertanyaan dari pewawancara. Salah satu pertanyaan klasik yang cukup menentukan, adalah apa alasan Anda melamar pekerjaan ini?

Jangan gamang dulu, karena itu adalah tujuan dari artikel ini, membantu Anda dan jutaan pelamar di luar sana untuk memberikan jawaban yang paling tepat. Inilah beberapa contoh alasan melamar pekerjaan yang baik yang bisa Anda jadikan jawaban saat pewawancara melemparkan pertanyaan itu.

Pastikan Anda Menyebutkan Goal Terbesar Anda

Misalnya, Anda mendapatkan pertanyaan tersebut, “apa alasan melamar pekerjaan ini?”

Anda bisa menjawab: “Saya punya cita-cita sejak lama untuk menjadi seorang editor di situs berita. Tetapi saya juga sepenuhnya sadar bahwauntuk mencapai level itu, saya harus melalui proses yang tidak mudah. Menjadi seorang editor situs berita membutuhkan dedikasi tidak hanya waktu tapi juga fokus pada kualitas pemberitaan, tetap berpegang pada kaidah jurnalistik dan profesionalisme. Pekerjaan ini bisa menjadi batu lompatan saya untuk mencapai jenjang itu. Saya yakin saya mendapatkan pembelajaran dalam proses yang harus dilalui ketika berada di bagian ini.”

Terdengar meyakinkan, bukan? Tentu, tetapi Anda juga harus berlatih dulu di rumah agar terdengar meyakinkan. Ingat, intonasi dan rasa percaya diri akan membuat kalimat yang meluncur dari mulut Anda terdengar tidak mengada-ada.

Tunjukkan Anda Punya Ketertarikan dan Antusiasme Terhadap Posisi yang Anda Lamar

Contoh alasan melamar pekerjaan yang baik kedua hampirserupa, namun kesan yang ingin disampaikan lebih eksplisit, di mana orang tidak akan menilai apa yang Anda ucapkan tetapi pada emosi yang keluar.

Kalimatnya bisa seperti ini, misalnya Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan pialang saham.

“Saya menangkap informasi yang menggelitik rasa ingin tahu, bahwa ternyata perusahaan ini mempunyai metode analisis pergerakan pesarsendiri lengkap dengan tools dan piranti lunaknya. Platform seperti ini tidakbanyak saya jumpai di tempat-tempat lain. Yang lebih menarik, sejak platform ini dipergunakan, nilai investasi perusahaan justru semakin meningkat. Saya sejujurnya sangat tertarik dengan metode baru ini dan yakin bahwa etos kerjanya akan sangat sesuai dengan passion saya.”

Kalimat ini tidak menekankan pada makna ucapan Anda, tetapi orang akan menangkap bahwa Anda memang punya minat yang sejalan dengan posisipekerjaan. Tetapi untuk bisa menyampaikan jawaban ini, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu agar nantinya jawaban Anda tak terkesan dibuat-buat.Informasi yang tepat juga menjadi nilai ekstra untuk Anda, di mana pewawancara akan menangkap adanya antusiasme yang terlihat dari penguasaan situasi dan informasi tentang perusahaan.

Ceritakan Minat dan Keahlian Anda Cocok untuk Pekerjaan ini

Alasan melamar pekerjaan yang baik saat sedang menjalani wawancara terkadang bisa saja berdasarkan pada ketertarikan, minat dan keahlian. Jadi, tak ada salahnya jika Anda menceritakan sedikit tentang hobi dan minat Anda, kemudian cobalah mengaitkan informasi tersebut denganperkerjaan yang dilamar, bahwa dengan minat dan hobi yang berhubungan akan sangat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas dengan hasil yang sangat baik.

Jika Anda memilih menjawab pertanyaan dengan contoh alasan melamar pekerjaan yang baik ini, maka sebisa mungkin memang sesuai dengan faktanya. Jika tidak, Anda justru akan terlihat berbohong. Sebab akan ada bagian dari penjelasan Anda yang tidak bisa diterima atau terkesan dibuat-buat.

Tunjukkan Misi Perusahaan Sesuai dengan Siapa Diri Anda Sebenarnya

Menceritakan latar belakang atau pekerjaan yang sudah pernah Anda kerjakan dengan menonjolkan kesimpulannya dan memberikan kesan bahwa apa yang menjadi pandangan Anda cocok dengan misi perusahaan akan sangat membantu menciptakan kesan positif pada pewawancara.

Ingat, pewawancara sudah dibekali kemampuan sumber daya manusia yang baik. Mereka juga belajar bagaimana menilai makna sebuah gesture atau ucapan. Sehingga mereka relatif tahu kapan Anda berbohong, mengada-ada dan berkata yang sebenarnya.

Jadi, upayakan jawaban Anda tersampaikan dengan baik. Kalimatnya kurang lebih akan seperti ini.

Misalnya Anda melamar pekerjaan di sebuah startup yang bergerak di bidang fintech sebagai seorang analis.

“Di masa kuliah lalu, saya dan beberapa rekan membuat penelitian kecil dan menemukan bahwa ternyata banyak sekali usaha kecil menengah yang masih menerapkan sistem pencatatan transaksi secara konvensional dan bahkan tidak sama sekali. Padahal dengan pencatatan yang baik, mereka mempunyai kans lebih besar untuk naik kelas atau mendapatkan kucuran pinjaman dari institusi keuangan. Layanan yang dihadirkan oleh perusahaan ini akan sangat berguna bagi mereka para pelaku bisnis yang kesulitan mengelola keuangan. Dan tentu saya akan sangat bangga bisa menjadi bagian dari perubahan itu.”

Yakinkan Pewawancara Bahwa Posisi Pekerjaan Tersebut Akan Membuat Karir Anda Semakin Mengkilap

Contoh alasan melamar pekerjaan yang baik berikutnya adalah dengan meyakinkan pewawancara bahwa posisi pekerjaan yang Anda lamar akan membuat keahlian Anda semakin baik dari waktu ke waktu. Muaranya, tentu akan membuat karir Anda semakin cemerlang.

Misalnya, Anda melamar sebagai manajer di sebuah perusahan forestry atau pul paper.

“Saya punya latar belakang di bidang kultur air dengan indeks prestasi yang relatif baik. Saya juga sudah hampir lebih dari 10 tahun bekerja di posisi yang sama. Tetapi, di perusahaan ini saya meyakini dapat belajar dan meningkatkan keahlian berdasarkan latar belakang saya. Luas dan ragam lahan yang dikelola akan sangat sesuai dengan latar belakang dan memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar hal-hal baru berdasarkan ilmu yang saya miliki.”

Nah, inilah beberapa contoh untuk menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan yang bisa Anda pelajari dari sekarang. Tidak semua contoh alasanyang saya berikan cocok dengan posisi yang Anda lamar. Tetapi Anda dapat mencoba melakukan improvisasi dengan menggunakan kalimat versi Anda namun dengan penekanan-penekanan yang serupa. Sehingga kesan dan makna tersirat yang ingin dihantarkan dapat sampai tepat sasaran.

Terakhir, jika masih ada waktu yang panjang untuk mempersiapkan, cobalah berlatih dengan mengucapkan jawaban alasan melamar pekerjaan versi Anda beberapa kali sampai Anda merasa nyaman dan lancar dalam pelafalannya. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk menyimak tips-tips lain dari kami yang akan terus selalu diperbarui. Sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *