20 Tips Beralih Dari Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap

20 Tips Beralih Dari Karyawan Kontrak Menjadi Karyawan Tetap – Mengingat saat ini banyak sekali perusahaan yang menerapkan sistem kerja kontrak atau outsourcing untuk kebanyakan karyawan di perusahaannya sehingga seorang karyawan tentu akan merasa cemas ketika mendekati masa-masa berakhirnya sebuah kontrak tersebut. Karena bisa jadi akan ada pemutusan kontrak kerja dengan perusahaan tersebut bagi karyawan kontrak.

Wajar jika hal seperti itu pernah Anda alami, karena pada kenyataannya dunia kerja memang cukup kejam. Semakin banyaknya pencari kerja baru semakin meningkat pula standar dari perusahaan dengan memilih-milih karyawan baru. Persaingan antara karyawan semakin ketat disebabkan karena untuk melepas jabatan sebagai karyawan kontrak menjadi karyawan tetap tidaklah mudah.

Tips agar Karier Tak Mentok Meski Masih Jadi Karyawan Kontrak - Bisnis Liputan6.com

Sebagai solusinya berikut merupakan tips bagi Anda karyawan kontrak untuk dapat menjadi karyawan tetap.

  1. Jadilah karyawan yang selalu berinisiatif

Menjadi seorang karyawan kontrak tentu menjadi sedikit tidak nyaman dengan karyawan lainnya apalagi pada karyawan tetap. Biasakan Anda memiliki inisiatif untuk memulai pembicaraan terlebih dahulu agar suasana kerja menjadi semakin nyaman. Selain itu, Anda juga harus berinisiatif untuk mengajukan beberapa pertanyaan meliputi pekerjaan kepada senior. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hal-hal baru untuk dijadikan pedoman kedepannya selama bekerja di perusahaan tersebut.

 

  1. Bekerjalah dengan rajin dan tetap pintar

Perusahaan manapun pasti akan menyukai karyawan yang bekerja dengan rajin, karena rajin dalam bekerja dapat menjadikan pekerjaan lebih cepat selesai dan tentu akan menguntungkan bagi perusahaan itu sendiri. Dengan begitu, buang jauh-jauh sifat pemalas pada diri Anda agar kedepannya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari sifat rajin tersebut. Rajin dan pandai merupakan dua karakteristik karyawan yang sering dicari oleh perusahaan.

 

  1. Ambil setiap kesempatan yang ada

Ketika terdapat peluang untuk menampilkan kelebihan Anda kepada perusahaan, maka janganlah ragu untuk mengeluarkannya. Namun perlu diketahui, meskipun Anda memiliki kesempatan tersebut jangan pernah melakukan tindakan seperti “sok tahu” atau “sok bisa” karena dapat merusak karier dalam perusahaan tersebut. Karena bagaimanapun sebagai seorang karyawan kontrak masih dalam masa percobaan sehingga masih dalam proses pantauan pimpinan perusahaan.

 

  1. Jadilah karyawan yang jujur

Hal yang satu ini merupakan hal yang harus diperhatikan dalam menjalin suatu hubungan pekerjaan, karena dengan kejujuran akan timbul rasa kepercayaan. Dengan berpegang teguh untuk selalu berperilaku jujur maka akan mendapatkan hasil yang terbaik dan maksimal.

 

  1. Mudah beradaptasi dengan suasana baru dan tantangan baru

Pandai-pandailah untuk dapat menyesuaikan diri lebih cepat dengan suasana lingkungan di tempat kerja. Selalu menjaga tutur kata yang baik dan cara berpakaian yang sopan, dengan begitu karyawan yang lain akan menyukai dan akan membuat Anda lebih merasa nyaman dalam bekerja.

 

  1. Selalu bersikap professional

Pastinya dalam sebuah perusahaan tentu memiliki banyak karyawan yang mempunyai kepribadian yang berbeda-beda, sehingga hal itu yang menuntut karyawan agar tidak menanggapi suatu masalah secara personal di kantor. Tetaplah bertindak profesional sebagai karyawan dari suatu perusahaan yang memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan.

 

  1. Lebih mengenal perusahaan secara menyeluruh

Dengan pedoman wawasan penuh tentang perusahaan tempat bekerja tentu akan membantu dalam penyemangat bekerja. Dengan begitu karyawan akan lebih termotivasi untuk ikut serta dalam perkembangan perusahaan.

 

  1. Jadilah pribadi yang percaya diri

Percaya diri merupakan hal paling penting yang harus ditanamkan pada diri seseorang. Percaya diri dalam bekerja sangat memudahkan bagi karyawan untuk membantu suatu masalah atau pekerjaan di perusahaan.

 

  1. Bermental baja

Sangat diharuskan bagi para karyawan diperusahaan tertentu memiliki mental sekeras baja, dengan memiliki mental kuat akan memungkinkan untuk Anda dapat bertahan bekerja meskipun beberapa halangan menghadapang karena pada kenyataanya dunia kerja sangatlah kejam. Dalam hal ini yang dimaksud yaitu dapat bertahan dan mencapau target untuk menjadi karyawan tetap.

 

  1. Selalu menaati peraturan perusahaan

Jangan pernah Anda melakukan sebuah kesalahan dalam masalah tata tertib yang diberikan oleh perusahaan. Karena prinsip dari perusahaan biasanya sekecil apapun peraturan yang dilanggar akan berakibat mencoreng nilai kerja sebelumnya. Bahkan masalah sekecil itu dapat dijadikan alasan oleh pihak perusahaan untuk memutuskan kontrak kerja. Sehingga sebaiknya selalu patuhilah peraturan yang diterapkan dalam perusahaan.

 

  1. Jalin dengan baik relasi dalam perusahaan

Hal ini akan sangat berguna bagi seorang karyawan jika mengalami keadaan sulit dalam pekerjaan di perusahaan, sehingga rekan kerja atau relasi dalam lingkungan kerja sangat baik dilakukan untuk membantu satu sama lain.

 

  1. Selalu menata ruang kerja secara rapi

Diibaratkan dengan rumah yang nyaman bagi penghuninya merupakan rumah yang dibangun sesuai dengan jati diri pemiliknya, begitu juga sama dengan ruangan kerja. Dengan selalu menata ruang kerja agar terlihat rapi tentunya akan berdampak baik untuk meningkatkan gairah kerja.

 

  1. Dapatkan kepercayaan pimpinan

Bukan berarti untuk mendapatkan kepercayaan pimpinan Anda harus melakukan berbagai cara dan akhirnya memilih cara negatif. Untuk mendapatkan hal itu sebaiknya Anda mencoba hal-hal kecil yang dapat membuat pimpinan merasa kagum dan tentunya buktikan bahwa Anda dapat diandalkan.

 

  1. Manajemen diri yang baik

Cara ini dapat dilakukan dengan selalu mengerjakan pekerjaan yang diberikan perusahaan sesuai dengan porsinya. Jangan coba-coba untuk mengurangi porsi kerja. Porsi kerja yang biasanya diterapkan dalam perusahaan diantaranya seperti waktu, kerjaan, istirahat dan lainnya. Memang terkadang muncul beberapa masalah yang membuat menurunkan semangat dalam bekerja, namun dengan menguasai manajemen diri akan tetap bisa bekerja dengan maksimal.

 

  1. Selalu bekerja dengan rajin dan pintar

Mengerjakan pekerjaan dengan rajin dan pintar akan menjadi nilai plus tersendiri bagi seorang karyawan. Dengan selalu melakukan cara tersebut bisa dijamin pihak perusahaan akan melirik Anda dan seiring berjalannya waktu akan mengubah posisi Anda menjadi karyawan tetap.

 

  1. Keep Fighting

Keep fighting dalam menjalankan sebuah pekerjaan artinya berani berkompetisi sehat dengan karyawan lainnya. Hal seperti ini sangat berguna untuk mendapatkan tawaran kontrak kerja sebagai karyawan tetap.

 

  1. Meningkatkan prestasi kerja

Untuk menjadi karyawan tetap di suatu perusahaan akan senantiasa diajukan kepada karyawan jika mereka berhasil melakukan hal tersebut. Pihak perusahaan nantinya akan mempertahankan seorang karyawan yang memiliki banyak prestasi kerja.

 

  1. Selalu belajar dengan giat

Disetiap perusahaan pasti memiliki daftar kerja yang berbeda-beda. Jika mengingat bahwa Anda adalah seorang karyawan kontrak yang selalu mendapatkan tumpukan pekerjaan dari beberapa senior, dengan begitu teruslah bersikap rajin belajar dengan giat agar dapat mencuri simpati pimpinan perusahaan.

 

  1. Pandai-pandai untuk memprioritaskan pekerjaan

Sebagai karyawan kontrak tentunya akan merasa sedikit tertindas dengan berbagai kerjaan dari pimpinan sebuah perusahaan itu sendiri. Di saat seperti ini, Anda dapat memprioritaskan nama yang harus Anda kerjaanya terlebih dahulu.

 

  1. Jadikan diri menjadi pribadi yang berkualitas

Dalam sebuah perusahaan sangat dibutuhkan seorang yang memiliki pribadi yang berkualitas. Pribadi yang berkualitas akan ditunjukan dalam bentuk kompetensi yang bagus dan juga karakter yang baik, dan juga hasil kerja yang maksimal.

 

Demikianlah beberapa tips untuk anda sebagai karyawan, agar posisi anda layak mendapat promosi dari karyawan kontrak menjadi karyawan tetap. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.