13 Tips Mudah Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

13 Tips Mudah Cara Menjadi Pemimpin yang Baik – Kesuksesan seorang pemimpin, bisa dilihat dari bagaimana dia memimpin orang-orang di bawahnya? Sebab bagaimana pun juga seorang pemimpin tidak mungkin bisa bekerja sendiri, namun tetap harus berkoordinasi dengan orang-orang yang ada dibawah kepemimpinannya. Maka sangat penting bagi seorang pemimpin,  untuk bisa menempatkan diri, agar pekerjaan yang dipimpinnya dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan tujuan awalnya. Itulah salah satu cara menjadi pemimpin yang baik.

Tips Menjadi Pemimpin yang Baik, Cara Tepat Marahi Anak Buah - Gaya Tempo.co

Cara memimpin setiap orang pasti berbeda, hal ini dikarenakan sifat dasar dari orang tersebut, atau karena memang tuntutan pekerjaan yang dijalaninya. Ada yang lebih mengutamakan kelembutan sikap, ada pula yang menekankan ketegasan. Sebenarnya semuanya baik, hanya saja perlu ditempatkan pada situasi dan kondisi yang pas. Itulah alasan kenapa pemimpin harus bisa menempatkan diri dengan tepat, karena itu adalah ciri pemimpin yang baik. Nah, berikut ini tips cara menjadi pemimpin yang baik

 

Tips Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

1. Bisa Memberikan Contoh yang Baik

Karakter seorang pemimpin yang baik tidak hanya bisa memberikan perintah atau larangan saja. Namun, juga harus bisa memberikan contoh yang baik kepada orang-orang yang dipimpin. Jangan sampai hanya bisa menjadi pemimpin yang omdo alias omong doang, tanpa bisa memberikan contoh real. Untuk itulah seorang pemimpin juga harus punya skill yang baik, serta pemahaman yang lebih, terkait seluk beluk pekerjaannya. Agar bisa memberikan contoh atau teladan yang baik kepada anak buahnya.

 

2. Memiliki skill Komunikasi yang baik

Seorang pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik. Sebab pemimpin pada dasarnya bertugas memberikan perintah kepada bawahannya. Maka dalam memberikan perintah kerja harus jelas, tegas dan mudah dimengerti. Untuk itulah dibutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi.

 

Dalam melakukan pekerjaan, seorang pemimpin tidak akan terlepas dari sebuah komunikasi kepada bawahannya, baik komunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Maka menjalin komunikasi yang baik adalah kunci sebuah kesuksesan dari pekerjaan. Jangan sampai ada miss komunikasi dalam pekerjaan, yang akan membuat pekerjaan menjadi berantakan.

 

3. Bertanggung jawab terhadap pekerjaan

Cara menjadi pemimpin yang baik berikutnya adalah tanamkan rasa tanggung jawab pada diri Anda. Pemimpin adalah penanggung jawab tertinggi dalam suatu pekerjaan. Maka harus bisa menjalankan amanah itu sebaik mungkin. Setiap pekerjaan pasti ada masalah yang menjadi penghalang. Sebagai seorang pemimpin Anda tidak boleh lari dari masalah, namun harus bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah tersebut sampai benar-benar menemukan jalan keluarnya.

 

4. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan

Dalam sebuah struktur organisasi atau pekerjaan, seorang pemimpin baik itu ketua atau koordinator adalah pengambil keputusan akhir. Tentu akan menjadi masalah jika Anda sebagai pemimpin, gegabah atau terburu-buru dalam mengambil keputusan. Maka sebaiknya benar-benar dipikirkan secara matang. Lihatlah sisi positif dan negatifnya. Pertimbangkan pula manfaat dan dampaknya terhadap perusahaan atau lembaga Anda. Sebab bagaimana pun juga keputusan tersebut tidak hanya menyangkut masalah pribadi saja, namun masalah orang banyak.

 

5. Kuasailah Bidang Pekerjaan Anda

Cara menjadi pemimpin yang baik berikutnya adalah  memiliki wawasan luas dalam pekerjaan yang ditangani anak buahnya. Sebab fungsi pemimpin selain memberikan perintah, juga mengontrol kinerja anak buahnya. Jadi mengetahui seluk beluk pekerjaan adalah syarat wajib bagi pemimpin. Jadi meskipun tidak turun tangan secara langsung di lapangan, namun pemimpin dapat menilai apakah pekerjaan tersebut benar atau salah. Karena sudah paham secara teoritis maupun praktiknya.

 

6. Memiliki Pendirian yang Kuat

Selain cepat dan tepat dalam mengambil keputusan, seorang pemimpin harus punya pendirian yang kuat. Dengan begitu ia tidak akan mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar yang mencoba mengintervensinya. Jadi menjadi pemimpin itu juga harus konsisten dengan apa yang diucapkannya, sebab segala keputusan yang keluar dari mulutnya adalah perintah yang harus dijalankan, sehingga tidak boleh terkesan mencla-mencle.

7. Memiliki sifat Keterbukaan

Meskipun sebagai pemegang kendali dalam sebuah kelembagaan atau organisasi, seorang pemimpin sebaiknya memiliki sifat terbuka. Sifat terbuka yang dimaksud adalah mau menerima saran dan masukan yang membangun meskipun dari bawahannya sekalipun. Seorang pemimpin tidak boleh bersifat egois atau memaksakan kehendaknya sendiri.

8. Peka Terhadap Lingkungan

Seorang pemimpin yang baik harus peka terhadap lingkungan di sekitarnya. Maksudnya sebagai atasan harus peduli kepada bawahannya. Sebab bagaimana pun juga kesuksesan sebuah pekerjaan dipengaruhi oleh kinerja dari para pekerjanya, maka pemimpin harus bisa merangkul. Pemimpin juga harus bisa membaca situasi dan kondisi, termasuk mood dari para pekerjanya. Sehingga pekerja akan merasa diperhatikan oleh atasan, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerjanya. Inilah salah satu cara menjadi pemimpin yang baik yang harus Anda pahami.

 

9. Berikan reward kepada bawahan yang berprestasi

Bagi seorang pemimpin, keberhasilan dalam sebuah pekerjaan adalah prioritas utama. Salah satu faktor penyebab keberhasilan tersebut adalah kinerja yang baik dari para pekerjanya. Maka jika Anda sebagai pemimpin, jangan sungkan-sungkan memberikan reward kepada bawahan Anda yang berprestasi. Sebab hal itu bisa menjadi bentuk apresiasi untuk mereka, sehingga akan meningkatkan semangat kerja, yang akan berdampak positif kepada perusahaan atau lembaga Anda.

 

10. Jangan takut memberikan punishment kepada bawahan yang melanggar aturan

Kedisiplinan merupakan salah satu pilar utama dari keberhasilan sebuah pekerjaan. Maka budaya disiplin harus ditanamkan dalam sebuah perusahaan atau organisasi, untuk menyokong ketercapaian tujuan. Maka pemimpin harus tegas saat bawahan melanggar aturan. Pemberian punishment ini sebagai bentuk pendisiplinan diri pada bawahan sebagai efek jera agar tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama. Namun dalam memberikan sanksi tidak boleh otoriter, harus disesuaikan dengan jenis pelanggarannya, agar tidak merenggut hak-hak bawahan Anda.

 

11. Manfaatkan Waktu sebaik mungkin

Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Maka dalam bekerja Anda harus bisa menghargai waktu. Jangan sampai ada waktu yang terbuang sia-sia. Jadi mulai sekarang cobalah untuk mendisiplinkan diri Anda. Karena sebelum memberikan contoh kepada bawahan, Anda harus bisa melakukannya dulu, termasuk dalam hal pemanfaatan waktu.

 

12. Berikan motivasi positif kepada bawahan Anda

Ternyata salah satu cara menjadi pemimpin yang baik bisa Anda lakukan  dengan memberikan kata-kata motivasi yang sederhana. Sebab kata-kata tersebut bermanfaat untuk menjaga api semangat kerja mereka. Sehingga akan meningkatkan hasil pekerjaan yang Anda pimpin. Manfaat lain dari pemberian motivasi adalah bisa semakin mendekatkan hubungan atau chemistry Anda kepada bawahan, sehingga koordinasi dan komunikasi yang terjalin akan semakin baik.

13. Bekerjalah secara profesional

Cara menjadi pemimpin yang baik terakhir yang bisa Anda lakukan adalah bekerjalah dengan profesional. Dalam sebuah pekerjaan profesionalitas sangat diperlukan, karena akan mempengaruhi pekerjaan. Maka Anda sebagai seorang pemimpin harus bisa membuat skala prioritas dalam bekerja. Tempatkan pekerjaan Anda diatas kepentingan pribadi. Karena totalitas dan loyalitas merupakan bagian dari profesionalitas kerja.

 

Nah, itulah 13 tips cara menjadi pemimpin yang baik yang sebaiknya Anda coba. Ingat pemimpin yang baik itu tercermin dari sikap dan tutur katanya, maka untuk itu mulailah untuk introspeksi diri. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *