13 Kriteria Karyawan Teladan dalam Sebuah Perusahaan

13 Kriteria Karyawan Teladan dalam Sebuah Perusahaan – Apakah Anda seorang karyawan di sebuah perusahaan? Jika ya, apakah Anda ingin menjadi karyawan teladan dan memiliki jenjang karir lebih tinggi?

Tentunya untuk menjadi karyawan teladan di sebuah perusahaan membutuhkan perjuangan dan kerja keras yang tidak mudah. Biasanya seorang karyawan teladan dapat dilihat dari kebiasaan karyawan yang selalu menjadi leader yang baik dalam segala bidang yang berhubungan dengan pekerjaannya.

Dengan menjadi karyawan teladan maka kita akan senantiasa disukai oleh pihak pimpinan dan akhirnya kita mampu menjalin sebuah hubungan dekat dengan para pimpinan perusahaan. Karyawan yang memiliki prestasi yang baik akan mudah menjadi karyawan teladan yang dapat menjadi salah satu motor penggerak di perusahaan.

✓ 13 Kiat Menjadi Karyawan Teladan Di Kantor

Tahukah Anda, bahwa salah satu hal terpenting dalam meraih kepuasan dalam bekerja adalah menjalin hubungan baik dengan pimpinan. Dengan menjadi karyawan teladan maka hubungan baik dengan pimpinan akan berjalan dengan lancar. Untuk menjadi karyawan teladan dalam sebuah perusahaan memang cukup sulit dan membutuhkan tenaga ekstra agar semua berjalan dengan baik.

Selain tips diatas, Anda juga dapat menambahkan beberapa tips diantaranya yaitu, jadilah sumber informasi bagi rekan kerja dengan cara jadilah orang pertama yang selalu memberi informasi kepada atasan. Tips selanjutnya juga dapat dilakukan dengan mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu, jika cara ini dilakukan dengan baik akan sangat menguntungkan bagi karyawan dengan mendapatkan kepercayaan dari pimpinan. Selain itu, bagi karyawan kontrak akan sangat berpengaruh besar jika melakukan beberapa tips ini.

 

Berikut merupakan uraian 13 kriteria karyawan teladan yang harus pelajari dan terapkan dalam pekerjaan anda :

  1. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik

Perusahaan besar tentunya ingin memperkerjakan karyawan yang memiliki kemampuan komunikasi dengan baik serta mampu mengekspresikan dirinya secara jelas, baik dalam lisan ataupun tulisan. Komunikasi yang tidak baik dalam sebuah perusahaan akan mengakibatkan berbagai masalah yang muncul baik itu masalah hubungan antar karyawan atau masalah dalam pekerjaan. Kemampuan komunikasi yang baik tentunya akan membantu Anda dalam berkomunikasi dengan sesama karyawan. Komunikasi merupakan salah satu penunjang utama dari sebuah hubungan sehat baik antar karyawan maupun karyawan dengan atasannya.

 

  1. Mampu memotivasi diri sendiri

Seorang karyawan teladan tidak pernah ragu dalam mengambil tanggung jawab atau posisi yang lebih tinggi dengan tanggung jawab yang lebih besar. Karyawan teladan sangat siap untuk bekerja di luar tanggung jawab tugas perusahaan. Karyawan yang baik selalu mengedepankan loyalitas disamping profesionalitas. Karyawan teladan bekerja secara baik dengan berfikir selalu mencintai pekerjaannya dengan sepenuh hati. Dengan demikian, karyawan teladan mampu memotivasi dirinya sendiri meskipun dalam keadaan yang sulit.

 

  1. Selalu bekerja keras

Karyawan teladan biasanya memiliki jiwa yang kuat dan keras dalam bekerja dan dalam menyelesaikan masalah pekerjaannya. Dia menjadi seorang yang bersedia bekerja lebih banyak dari apa yang dituntut oleh atasannya, atau bekerja melampaui target yang diberikan. Ketika seorang pimpinan perusahaan melihat kerja keras dari seorang karyawan dalam pekerjaannya, maka pimpinan akan memberikan nilai plus bagi karyawan tersebut, sehingga ini akan menjadi penilaian untuk perkembangan karir ke depannya. Ada quote berkata : Tidak ada seorang pekerja keras yang sia-sia dengan hasil yang sudah dilakukannya”.

 

  1. Mudah beradaptasi dan efektif dalam belajar

Karyawan teladan di perusahaan tentunya harus mengetahui bagaimana dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru sehingga akan berdampak baik dalam sebuah komunitas karyawan. Mudah beradaptasi berkaitan dengan kemampuan cepat belajar dalam kondisi suasana baru.

 

  1. Menjadi solusi dalam sebuah team

Pada umumnya dalam perusahaan terdiri dari beberapa team karyawan. Team tersebut yang nantinya akan menentukan berlangsungnya sebuah perusahaan. Karyawan teladan biasanya selalu memiliki solusi dalam setiap masalah yang ditemukan dalam sebuah team. Lebih baik jadilah pemeran utama dalam team tersebut, dimana jadilah pengaruh kuat karena solusi-solusi yang kamu tawarkan. Tips ini merupakan sebuah kriteria karyawan yang akan menjadi penentu masa depan perusahaan.

 

  1. Saling membantu rekan sesama karyawan

Lebih baiknya setiap karyawan atau rekan kerja harus menghargai setiap uluran tangan atau bantuan yang ketika sedang tertimpa kesulitan. Jangan ragu dalam membantu karyawan lainya yang membutuhkan bantuan, hal ini dapat berguna untuk membantu membangun hubungan dekat dengan rekan kerja dan menjadikan kondisi suasana kantor lebih harmonis dan berjalan lancar.

 

  1. Utamakan kejujuran dalam bekerja

Seorang pegawai atau karyawan yang baik adalah jujur tentang kemampuan pekerjaannya dan kualitas. Menerima kritik dan bersedia menerima solusi dari orang lain. Kejujuran merupakan kriteria sebuah perusahaan dalam merekrut karyawan-karyawan baru.

 

  1. Tetap memiliki etika yang baik

Selain kejujuran, hal ini adalah aturan kerja yang dibuat untuk dipatuhi. Misalnya selalu menerapkan kesopanan dari setiap tempat yang seharusnya dijaga dalam sebuah perusahaan. Seorang karyawan teladan akan senantiasa mengikuti kebijakan perusahaan dan menginspirasi orang lain. Salah satu ciri seorang karyawan teladan yaitu, mengikuti semua peraturan, disilin dan memiliki kesadaran untuk beretika dengan baik.

 

  1. Memiliki kesopanan

Karyawan yang baik selalu ramah dengan semua orang, dia akan senang menyapa rekan kerja lainnya. Hal-hal kecil seperti mengucapkan “Selamat pagi” menjadi kebiasaannya., terimaksih sangat berpengaruh, namun dalam jangka panjang akan membentuk pribadi yang baik.

 

  1. Disiplin dan selalu tepat waktu

Setiap perusahaan sangat mengutamakan kedisiplinan, tepat waktau dan teliti. Semua hal kecil itu dapat menunjang sebuah perusahaan menjadi leih baik. Hindari datang terlambat ketika pergi ke kantor, sering menunda-nunda pekerjaan juga merupakan suatu hal yang di benci oleh perusahaa.

 

  1. Menghindari gosip di tempat kerja

Bagi semua karyawan di sebuah perusahaan harus selalu ingat bahwa untuk pergi ke kantor tujuannya adalah bekerja, membuat karier. Jangan pernah menyebarkan gosip ata rumor di dalam pekerjaan. Selalu menghormati privasi pada pekerja dan menjaga hal yang bersifat rahasia bisnis kantor atau transaksi.

 

  1. Berperilaku secara profesional saat ditempat kerja

Bahwa kini kamu tengah berprofesi sebagai karyawan, kedepankan profesionalitas dalam setiap pekerjaan. Misalnya, jauhkan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Jangan bicarakan masalah pribadi dengan rekan kerja selama jam pekerjaan berlangsung. Tolak setiap ajakan yang keluar dari jalur pekerjaan. Karena hal ini akan merugikan perusahaan sendiri dan dapat mengganggu produktivitas di tempat kerja. Semua karyawan harusnya dapat melakukan manajemen waktu yang baik.

 

Untuk menjadi karyawan teladan pastikan bahwa Anda telah mencoba beberapa tips atau cara yang dijelaskan diatas, namun perlu diketahui untuk saat ini persaingan dalam dunia kerja semakin ketat banyak beberapa karyawan baru yang dapat menjadi pesaing dalam mendapatkan gelas karyawan teladan.

Namun jangan patah semangat, semua akan berjalan dengan mudah jika Anda menerapkan cara tersebut dengan benar-benar. Usahakan untuk tetap berlatih memperbaiki diri agar gelar karyawan teladan dapat Anda dapatkan.

Jika Anda telah menjadi karyawan teladan sudah tidak diragukan lagi Anda akan mendapatkan untung berlipat-lipat, pertama Anda sebagai karyawan akan mendapatkan kepercayaan penuh dari pimpinan, kedua Anda sebagai karyawan akan diberikan promosi kenaikan jabatan jika prestasi Anda sebagai karyawan teladan semakin berkembang, ketiga Anda sebagai karyawan akan menjadi patokan tanggung jawab dalam sebuah perusahaan.

Dengan begitu, bersemangatlah dalam melakukan pekerjaan dan dapatkan gelar sebagai karyawan teladan atau karyawan yang berprestasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.