12 Ide Bisnis di Bidang Jasa yang Cenderung Tahan Lama

12 Ide Bisnis di Bidang Jasa yang Cenderung Tahan Lama – Perlu diketahui, bahwa dalam dunia bisnis terdapat dua jenis produk yang dijual yaitu produk berupa barang dan produk berupa jasa. Meskipun dalam bentuk fisiknya secara abstrak, namun Ide Bisnis di Bidang Jasa lebih dibutuhkan oleh masyarakat jika dibandingkan produk berupa barang.

Ide Bisnis di Bidang Jasa memang terbukti menguntungkan dari dulu hingga masa kini..

Dari sisi keuntungan, bisnis di bidang jasa sangat menjanjikan, bahkan tergolong semakin lama semakin beragam jenisnya dan semakin banyak produk jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pengertian E-Commerce dan Contohnya, Komponen, Jenis, dan Manfaat E-Commerce - IDCloudHost

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis di bidang jasa, diantaranya adalah :

  1. Bisnis Jasa Online

Ide Bisnis di Bidang Jasa secara online tergolong menjanjikan sebab memiliki kelebihan yang secara fisik yaitu tidak memerlukan pertemuan dengan calon konsumen. Hanya bermodal duduk di depan komputer untuk menghubungi calon konsumen secara online, serta memiliki cukup kemampuan atau keahlian dalam mengoperasikan aplikasi, media sosial atau website tertentu, maka kita dapat menjual jasa kita secara online. Banyak sekali pilihan bisnis di bidang jasa online yang dapat dilakukan, seperti jasa penerjemah, jasa penulisan artikel, jasa pembuatan website, dan lainnya.

 

  1. Bisnis Jasa Pengetikan

Ide Bisnis di Bidang Jasa pengetikan ini termasuk sangat potensial dilakukan di sekitar universitas/ kampus. Sebab, tidak semua mahasiswa memiliki komputer pribadi dan ada juga mahasiswa yang lebih memilih untuk menggunakan jasa pengetikan daripada mengetik sendiri. Selain itu, bisnis jasa pengetikan pun dimanfaatkan para pegawai untuk membuat laporan dengan alasan kesibukan akan pekerjaan sehingga lebih memiliki menggunakan jasa pengetikan.

Menjalankan bisnis ini tidak memerlukan modal besar, bahkan bisnis ini dapat dijadikan pekerjaan sampingan dengan menggunakan waktu luang kita

 

  1. Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Berkembangnya bisnis perdagangan barang secara online di era digital ini ternyata memacu pertumbuhan bisnis jasa kurir pengantar dan pengiriman barang berkembang juga dengan sangat cepat. Apalagi saat ini bisnis perdagangan online semakin hari semakin pesat membuat aktivitas transaksi terjadi secara terpisah sehingga jasa pengiriman barang sangat diperlukan.

 

 

  1. Bisnis Jasa Cleaning Service

Bisnis jasa cleaning service ini terlihat mudah, namun peluang bisnis jasa ini sangat diperlukan. Ide Bisnis di Bidang Jasa layanan kebersihan dapat dikatakan sangat menjanjikan, sebab keseluruhan masyarakat membutuhkan kebersihan dan perawatan untuk bangunan, kantor, maupun rumah.

Hingga saat ini, terdapat model bisnis jasa layanan kebersihan keliling dimana pemilik usaha mendatangi konsumen secara langsung sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Selain itu, sudah mulai banyak jasa kebersihan ini yang terkoneksi dengan media online, sehingga dapat lebih luas lagi menjangkau calon konsumen.

 

  1. Bisnis Jasa Rumahan

Ide Bisnis di Bidang Jasa rumahan saat ini menjadi pilihan bisnis jasa yang ditekuni oleh sebagian masyarakat, terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki modal yang cukup besar khususnya bagi ibu rumah tangga yang tidak memiliki waktu untuk meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama.

Terdapat banyak jenis-jenis bisnis jasa rumahan yang dapat dikelola sesuai dengan keahlian dan minat, seperti : jasa pengetikan, jasa menjahit, jasa laundry, bisnis jasa online, jasa laundry, jasa sablon, hingga bisnis jasa penitipan anak. Tentunya semua bisnis ini dapat dikerjakan di rumah dengan mengalokasikan sebagian ruangan atau area di rumah, sehingga tidak membutuhkan modal sewa ruangan atau ruko.

 

  1. Bisnis Jasa Transfer Antar Bank

Bisnis jasa transfer antar bank tergolong jenis bisnis jasa baru, namun bisnis jasa ini sangat diminati oleh sebagian masyarakat. Bisnis jasa ini memiliki tugas untuk melayani konsumen untuk membantu mengirimkan uang yang belum memiliki rekening di bank untuk digunakan berbagai keperluan.

Bisnis jasa ini dapat dikatakan sangat menjanjikan. Sebab, beberapa orang belum memiliki rekening di bank maupun memiliki kendala saldo tidak mencukupi di tabungan saat akan mengirim uang sehingga jasa ini sangat dibutuhkan. Untuk memulai bisnis jasa ini, diperlukan beberapa peralatan yang mendukung, seperti komputer, jaringan internet, printer, rekening yang berbeda di beberapa bank hingga kios sebagai tempat loket pembayaran saat melakukan transaksi dengan konsumen.

 

  1. Bisnis Jasa Desain

Memiliki bakat dan keahlian dalam mendesain produk, desain bangunan, desain ruangan maupun desain spanduk, tidak ada salahnya untuk membuka bisnis jasa dalam bidang desain. Bisnis jasa ini dapat dijalankan secara personal atau dijalankan dengan sistem freelance dan menjual hasil desain secara offline maupun online.

Terdapat beragam pekerjaan desain pada berbagai situs freelance online di internet. Selain itu juga, dapat membangun sebuah studio desain untuk menerima project desain maupun menjual hasil desain disatu tempat.

 

  1. Bisnis Jasa Fotografi dan Videografi

Beragam acara khusus, seperti acara pernikahan maupun acara ulang tahun merupakan momen yang wajib diabadikan dalam bentuk foto maupun video. Meskipun kamera handphone sudah tidak asing, namun jasa fotografi dan videografi profesional akan tetap dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal ini tentu membuka peluang bisnis jasa yang sangat menjanjikan, terutama bagi yang memiliki minat dan kemampuan dalam bidang fotografi dan videografi.

 

  1. Bisnis Jasa Event Organizer

Untuk melangsungkan sebuah acara wisuda, acara seminar hingga acara pernikahan diperlukan persiapan yang mendetail, seperti dekorasi tempat, perlengkapan acara, keamanan selama berlangsungnya acara, kebersihan, maupun konsumsi.

Bisnis jasa event organizer akan menjalankan tugasnya secara fokus sehingga audiens maupun panitia pelaksana dapat fokus pada hal-hal lain bahkan dapat menikmati acara hingga selesai. Jasa ini memerlukan orang-orang yang sudah banyak pengalaman dalam menangani suatu acara sehingga dapat dipercaya dalam menangani kelancaran sebuah acara atau event.

 

  1. Bisnis Jasa Rental

Hampir sebagian masyarakat membutuhkan barang tertentu untuk keperluan tertentu, tetapi belum mampu dalam membeli barang tersebut. Dengan alasan ini, memunculkan Ide Bisnis di Bidang Jasa rental atau sewa barang mulai dari, rental mobil, rental motor, rental komputer, rental play station, maupun sewa rumah.

Bisnis jasa ini tergolong cukup santai dalam menjalankannya, pemilik bisnis jasa ini menunggu konsumen, menyewakan barang, hingga mengawasi konsumen dalam mengembalikan barang yang disewa. Meskipun membutuhkan modal yang cukup besar diawal dan memiliki risiko berupa kehilangan barang, namun hasil dari bisnis jasa rental ini cukup menjanjikan, mengingat kebutuhan pasar sewa menyewa masih tinggi.

Tentunya untuk mengurangi resiko kerugian akibat hilannya barang, maka ada baiknya pemilik jasa membuat kesepakatan dengan konsumen mengenai hak dan kewajiban antar kedua pihak secara jelas dengan dokumen yang lengkap

 

  1. Bisnis Jasa Titip

Bisnis jasa yang kekinian adalah bisnis jasa titip atau personal shopper segala jenis produk. Biasanya bisnis jasa ini dibuka untuk produk yang hanya tersedia di daerah tertentu saja. Konsumen memesan terlebih dahulu, kemudian Jasa titip ini akan membelikan barang pesanan dan mengirim barang tersebut melalui jasa ekspedisi.

Bisnis jasa ini tidak memerlukan modal besar, sebab konsumen biasanya membayar penuh dimuka untuk harga dan biaya pengiriman serta termasuk biaya jasa titipnya.

 

  1. Bisnis Jasa Penginapan

Banyaknya perjalanan bisnis dan pariwisata di masa kini membuat bisnis jasa penginapan dan hotel makin berkembang dengan pesat. Untuk memulai bisnis jasa ini, Anda dapat memulai dari kemampuan modal yang ada, yaitu dengan membangun atau merenovasi bangunan menjadi penginapan sesuai dengan modal yang dimiliki terlebih dahulu. Sebab dalam bisnis penginapan, ada berbagai kelas penginapan dari harga yang murah hingga harga yang mahal, dengan target pasar masing-masing.

Hal yang terpenting dalam menjalankan bisnis jasa ini adalah kualitas tempat maupun pelayanan agar konsumen merasa puas.

Saat ini sudah berkembang banyak Aplikasi yang menyediakan network layanan penginapan secara online, seperti : Reddoorz, Airy, OYO, Travelio dll. Jika ingin mengembangkan jasa penginapan, ada baiknya untuk melakukan kerjasama dengan Aplikasi Jasa Penginapan tersebut

Itulah beberapa Ide Bisnis di Bidang Jasa yang memiliki potensial dan menjanjikan. Untuk memulai bisnis di bidang jasa ini, Anda dapat memulainya dengan minat, keahlian, dan modal yang Anda miliki. Jika sudah dimulai, belajarlah untuk selalu menjaga kualitas pekerjaan atau jasa Anda sehingga konsumen merasa puas dan ingin kembali menggunakan jasa ini. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *