10 Ide Bisnis Digital 2020 untuk Pengusaha Kekinian

10 Ide Bisnis Digital 2020 untuk Pengusaha Kekinian – Harus disadari jika saat ini bisnis digital semakin berkembang pesat dan menarik minat banyak orang. Bagi yang ingin terjun di dunia ini, berikut ini ada 10 ide bisnis digital 2020 yang dapat menjadi referensi untuk membangun bisnis digital nantinya. Berbagai bisnis ini pastinya dapat diterapkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada pada target pasar masing-masing.

Ada bisnis apa saja sebenarnya? Berikut ini adalah beberapa ide bisnis digital 2020 yang dapat dikembangkan.

E-commerce Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan E-Commerce - Accurate Online

1.E-Commerce

Ide bisnis digital 2020 yang pertama jatuh pada e-commerce sebagai salah satu bisnis yang paling laris di era ini. Kita tentu telah melihat ada begitu banyak e-commerce yang tumbuh besar sekarang ini.

Tren e-commerce ini menjadi suatu hal positif yang mungkin dapat menjadi inspirasi banyak orang. Menjalankan e-commerce sebagai salah satu ide bisnis digital sangat menjanjikan, asalkan calon pengembang e-commerce harus pandai membaca kondisi pasar.

Selain itu calon pengembang juga sebaiknya menerapkan strategi bisnis yang tepat untuk membuat e-commerce tetap bertahan di tengah persaingan dengan munculnya berbagai e-commerce lainnya. Perlu diingat, di era digital ini akan banyak bisnis perdagangan yang beralih ke model bisnis online berupa e-commerce.

 

2.Market Place

Bisnis Market Place menjadi bisnis digital selanjutnya yang dapat dicoba. Perlu diketahui jika market place memiliki perbedaan dengan e-commerce. Jika pada bisnis e-commerce produknya merupakan hasil produksi sendiri, maka berbeda dengan bisnis market place dimana isi produk yang dipasarkan adalah produk-produk orang lain atau perusahaan lain. Jadi dapat dikatakan model bisnis market place adalah menciptakan sebuah pasar online untuk berbagai penjual dan pembeli bertemu secara online.

Kehadiran market place ini sebenarnya bukan tanpa keuntungan lho. Market place juga memiliki cara mendapatkan keuntungan dengan strategi tersendiri. Tak heran jika kemudian banyak yang memilih membuat market place sebagai ide bisnis digital.

Mengembangkan bisnis market place memang tidak mudah di tengah persaingan bisnis digital diantara berbagai market place yang sudah eksis maupun yang masih baru. Perlu disiapkan strategi yang baik agar market place yang dibangun bisa memberi nilai tambah dalam hal keunikan dan kreatifitas, agar tetap bisa bertahan di tengah persaingan.

 

3.Travel Online

Pembahasan bisnis digital selanjutnya akan sampai pada bisnis travel online. Memang diakui bahwa saat ini bisnis travel online sudah semakin menjamur dengan berbagai model layanannya. Jika Anda tertarik atau sudah memiliki pengalaman di dunia travel, tak ada salahnya mencoba untuk membuka bisnis travel online. Apalagi bisnis yang satu ini memang memiliki peluang yang cukup menjanjikan jika digeluti secara baik, mengingat pasar yang masih sangat luas.

Namun, seiring dengan menjamurnya banyak bisnis travel online, perlu diperhatikan cara agar travel online yang akan dibuat dapat tetap bertahan. Cara dan strateginya tentu bermacam-macam, salah satunya adalah dengan menghadirkan pelayanan yang berbeda dengan yang lainnya. Konteks ‘pelayanan yang berbeda’ ini memang cukup luas. Semuanya tergantung dengan kebutuhan serta kondisi dari target pasar yang akan dibidik.

 

4.Pinjaman Dana Online

Kali ini kita membahas bisnis digital dari dunia fintech. Jika kita perhatikan, saat ini platform pinjaman online sudah sangat banyak beredar di internet. Dari pinjaman untuk kebutuhan pribadi sampai pinjaman modal, bahkan yang menarik, sudah banyak yang menyediakan pinjaman online melalui sistem crowdfunding. Kehadiran banyaknya platform pinjaman dana online ini membuktikan adanya peluang besar serta kebutuhan pasar yang luas dalam penyediaan dana pinjaman.

Namun, tentu model bisnis ini tidak bisa dikerjakan secara sembarang, perlu perhatian khusus dan pengetahuan tentang fintech yang memadai untuk membangun bisnis yang satu ini.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah tentang perizinan fintech. Untuk mendapat pengakuan dari pemerintah maka bisnis ini perlu memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu metode pengambilan keuntungan juga harus dipahami dengan memperhatikan prinsip atau akidah keagamaan. Jangan sampai keinginan membuat platform pinjaman online justru menjadi bentuk praktek “lintah darat” versi baru bagi pembuatnya.

 

5.Jasa Digital Marketing

Selanjutnya ide bisnis digital 2020 yang dapat dicoba adalah jasa digital marketing. Perkembangan dunia digital turut serta memacu perkembangan digital marketing. Dimana perkembangan digital marketing ini juga turut memacu perkembangan sektor-sektor bisnis lain di dunia digital. Tawaran kecepatan perkembangan perusahaan yang ‘tersentuh’ digital marketing ini tentu sangat menggiurkan. Tak heran jika kemudian banyak perusahaan yang mencari jasa digital marketing.

Apa yang dimaksud jasa digital marketing di sini adalah jasa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan proses digital marketing. Mulai dari jasa layanan SEO sampai jasa pembuatan konten yang mampu menaikkan ‘nilai tawar’ perusahaan dan lebih mengenalkannya pada masyarakat. Dari sanalah kemudian jasa digital marketing menjadi salah satu peluang yang besar di era digital ini.

 

6.Jasa Pembuatan Website

Membuat sebuah website yang bagus dan menarik tidak dapat dilakukan sembarang orang. Untuk membuat website yang baik, perlu pemahaman terhadap coding serta berbagai komponen pembuatan website lainnya diperlukan, pasalnya tidak semua orang paham cara membuat website dan memiliki waktu untuk membuatnya.

Hal ini yang kemudian memunculkan kebutuhan akan jasa pembuatan website secara profesional. Inilah yang kemudian membuat jasa pembuatan website menjadi peluang bisnis digital yang cukup menjanjikan. Asalkan Anda memiliki skill serta pengalaman yang mumpuni di dunia website, serta ditambah dengan kreatifitas maka Anda sudah dapat memulai bisnis pembuatan website ini.

 

7.Produksi Konten Digital

Bisnis produksi konten digital menjadi salah satu bisnis yang dapat dicoba selanjutnya. Perlu diketahui bahwa kehadiran konten digital ini sering kali dibutuhkan untuk meningkatkan ‘daya jual’ dari suatu acara, perusahaan, bahkan individu yang ingin ditingkatkan daya jualnya. Konten di era digital ini pun bermacam-macam bentuknya, mulai dari video, audio, hingga gambar.

Tak jarang banyak pelaku usaha yang kemudian memutuskan untuk memenuhi kebutuhan konten ini dengan menyerahkannya pada jasa content creator. Ini membuat bisnis jasa content creator dapat menjadi bisnis yang cukup menjanjikan, asalkan pihak yang akan membuat bisnis ini harus memiliki jiwa kreatif serta modal pengalaman yang cukup. Inovasi serta hal-hal baru selalu dibutuhkan untuk menjaga pelaku industri ini tetap eksis di pasar konten digital.

 

8.Jasa Desain

Jika dahulu untuk mendesain sesuatu biasanya harus dilakukan konsultasi langsung secara tatap muka dengan jasa desain, namun di era sekarang semua menjadi berbeda. Pihak penyedia jasa desain dan klien dapat melakukan konsultasi untuk desain yang akan dibuatnya hanya dengan perantara internet. Ini yang kemudian membuat jasa desain menjadi salah satu bisnis digital yang dapat digeluti.

Kehadiran dari bisnis digital yang satu ini dianggap cocok untuk calon pebisnis yang memiliki kemampuan di bidang desain. Apalagi kebutuhan untuk desain jelas akan terus ada. Pihak yang ingin membuka bisnis ini baiknya terus menyiapkan portofolio-portofolio terbaik untuk menggaet klien. Selain itu peningkatan kemampuan seorang desainer harus terus dilakukan, agar terus dapat bersaing di pasar jasa desain.

 

9.Jasa Penulisan Artikel

Jika sebelumnya membicarakan tentang jasa desain, kali ini yang akan dibicarakan adalah jasa membuat tulisan. Latar belakang kenapa jasa ini dianggap memiliki peluang besar hampir sama dengan latar belakang pada dunia jasa desain. Kebutuhan akan artikel yang semakin mendesak ditambah dengan komunikasi antar penyedia jasa dan klien yang semakin mudah membuat jasa ini berpotensi untuk dikembangkan.

Potensi pasar pada jasa ini cukup besar. Apalagi di tengah kebutuhan artikel yang semakin meningkat untuk keperluan SEO sebuah website. Tentunya meningkatkan kemampuan penulis serta memahami artikel yang pas sesuai jenisnya perlu dilakukan di sini agar bisnis dapat terus bertahan.

 

10.Persewaan Buku Online

Ide bisnis digital 2020 selanjutnya adalah persewaan buku online. Jika selama ini menyewa buku harus datang ke tempat persewaan, maka persewaan buku online ini menghadirkan alternatif yang berbeda. Di mana penyewa tidak harus datang ke tempat persewaan, melainkan dapat menyewa secara online. Untuk kemudian pengiriman dan pengembalian buku disepakati bersama.

Ini dapat menjadi alternatif bisnis yang baik untuk dicoba. Apalagi peluang yang ada masih terbuka lebar karena masih jarang hadir persewaan buku online. Jangan lupa senantiasa tingkatkan koleksi buku untuk membuat daftar buku menjadi semakin lengkap.

Beberapa ide bisnis digital 2020 di atas mungkin dapat menjadi alternatif bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya di era digital. Selain kesepuluh bisnis di atas tentu masih banyak peluang bisnis lain yang dapat dikembangkan. Pastinya harus disesuaikan kondisi pasar ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *